Lebih Dari Sekadar Kata
Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di sekitaran Mushola kampus FISIP UNRI. (Dok. istimewa)

Keluarga Besar FISIP UNRI Kembali Gelar Penyembelihan Hewan Kurban

Katakata.id – Keluarga Besar Civitas Akademika Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau (Unri), menggelar penyembelihan hewan kurban memperingati Hari Raya Idul Adha yang digelar di sekitaran Mushola FISIP, Selasa (18/6/2024).

Empat ekor kurban sapi dan satu ekor kambing yang disembelih merupakan kolaborasi antar Pimpinan FISIP Unri, Dosen, Pegawai, Ikatan Keluarga Alumni Fakultas, Jurusan, Mahasiswa hingga Dharma Wanita serta seluruh Civitas Akademika lainnya.

Rangkain acara dimulai dengan pembukaan dan kata sambutan Dekan FISIP Unri Dr Meyzi Heriyanto SSos MSi, selanjutnya kata sambutan Ketua IKA FISIP Unri, Dr Moris Adidi Yogia yang diwakili Wakil Sekretaris Ogi Rifansyah.

Usai pelaksanaan kegiatan, Dekan mengucapkan rasa syukurnya karena pelaksanaan penyembelihan kurban berlangsung lancar.

“Kegiatan kurban di FISIP sudah kita laksanakan dua tahun, ini tahun kedua,” kata Dekan.

Dr Meyzi mengungkapkan, rasa syukur yang ia rasakan karena jumlah hewan yang dikurbankan bertambah.

“Tahun lalu kita berkurban 3 ekor sapi dan satu kambing, untuk tahun ini 4 ekor sapi dan satu kambing. Alhamdulillah berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Dekan FISIP mengapresiasi kekompakan yang diperlihatkan seluruh civitas akademika FISIP yang langsung terlibat pada kegiatan penyembelihan.

“Luar biasa ada kekompakan keguyuban seluruh civitas akademika, alumni, mahasiswa Dharma Wanita, Dosen dan pegawai. Kita juga mengudang pensiun agar mereka tetap ingat kampusanya,” katanya.

Ia mengungkapkan, selain ingin meneladani sosok Nabi Ibrahim AS. Kegiatan ini juga merupakan bagian kepedulian kita terhadap orang-orang yang pernah berjasa dengan kampus FISIP Unri.

“Tentunya harapan kedelapan kegiatan ini bisa ebih baik lagi, jumlah kurbannya lebih meningkat,” harapnya.

Jika memungkinkan, lanjutnya, untuk tahun depan pelaksanaan kurban bisa diintegrasikan dengan kurban di Masjid Ar Faunnas.

“Artinya bisa kita koordinasikan meskipun kurbannya di masing-masing fakultas termasuk FISIP, tapi seluruh pencatatan ada di Masjid Ar Faunnas,” jelas Dekan.

Dr Meyzi menjelaskan, daging kurban yang didapat peruntukan bagi penerima seperti dosen, pensiunan, pegawai, klining servis, mahasiswa, alumni dan beberapa porsi untuk masyarakat di sekitar kampus.

“Mudah-mudahan lebih besar sumbangsih kita terhadap kampus dan mereka bisa mengajukan proposal saat kurban selanjutnya karena tujuan kegiatan ini juga sebagai upaya menguatkan silaturahmi dan daging diberi ke pesantren dan panti asuhan pedagang-pedagang disekitar kita,” tutupnya.

Sambutan Ketua IKA FISIP UNRI yang diwakili Wakil Sekretaris Ogi Rifansyah pada pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Mushola FISIP UNRI. (Dok. istimewa)

Ketua IKA FISIP Unri Dr Morris Adidi Yogia MSi yang diwakili Wakil Sekretaris Ogi Rifansyah mengatakan, sangat bersyukur pelaksanaan kurban untuk tahun kedua berjalan lancar.

“Kegiatan berkurban ini merupakan program IKA FISIP Unri yang bertujuan untuk memperkuat tali silaturahmi antar alumni dan seluruh civitas akademika FISIP Unri,” katanya.

Ogi menyampaikan maaf saya wakil sekretaris IKA FISIP UNRI dalam hal ini mewakili ketua IKA FISIP UNRI yang saat ini berhalangan hadir.

“Alhamdulillah, hari ini kita dapat melaksanakan qurban untuk yang kedua kalinya di kampus FISIP Unri dari program IKA FISIP yang sudah kita jalankan dari tahun sebelumnya. Kami dari pengurus IKA FISIP Unri berharap tahun berikutnya lebih banyak yang berqurban dari tahun ini. Semoga dari Hasil kita berqurban ini dapat memberikan daging qurban kepada mereka yang membutuhkan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Sofyan Hadi mengatakan, kegiatan kurban yang dilaksanakan melibatkan seluruh civitas akademika yakni, pimpinan, seluruh civitas FISIP Unri, pengurus Mushola, IKA FISIP UNRI, Dharma wanita, mahasiswa dan lainnya.

“Kita melibatkan pimpinan, civitas FISIP UNRI, pengurus Mushola, Dharma Wanita, IKA FISIP, dan Mahasiswa. Kita undang juga purna pegawai FISIP Unri, kita bersilaturahmi sambil makan bersama. Dan saat pelaksanaan semua elemen berjibaku menyukseskan acara ini,” terang Sofyan.

Ia mengatakan pihaknya selaku panitia pelaksana memberikan prioritas kepada Alumni FISIP UNRI.

“Alumni kita prioritaskan, karena tujuan kegiatan menguatkan sinergitas antar alumni agar semakin terjalin dengan baik,” tutup Sofyan. (Rls/HBN/RA)

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Antisipasi kebakaran, Rutan Pekanbaru libatkan pihak PLN periksa jaringan listrik

rasid

BPOM Pekanbaru Sita Kosmetik Ilegal Rp1,7 Milliar dan 147 Juta Produk Makanan

rasid

Silang pendapat soal jadwal Pemilu, DPR ngotot diadakan 2024

rasid