Lebih Dari Sekadar Kata

Sebanyak 55 orang pasien covid isolasi di Asrama Haji Riau

Katakata.id – Sebanyak 55 orang pasien Covid-19 yang diisolasi di Asrama Haji Riau. Mereka melakukan isolasi mandiri karena bergejala ringan.

Kepada Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, dari 55 pasien tersebut, 17 orang di antaranya merupakan pasien hasil pemeriksaan di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. “Sedangkan 38 orang lainnya merupakan rujukan dari Puskesmas di Kota Pekanbaru. Di antaranya, Puskesmas Umban Sari Rumbai, Harapan Raya, Payung Sekaki, Simpang Tiga, Tenayan Raya dan Rejosari,” ujar Mimi, Kamis (8/7/2021).

Menurut Mimi, selama isolasi mandiri di Asrama Haji maupun tempat lain yang disediakan pemerintah ini, seluruh pasien diberikan fasilitas dan pelayanan maksimal. Mulai dari pemeriksaan secara rutin, obat-obatan sampai kegiatan olahraga setiap pagi.

“Pasien di Asrama Haji ini merupakan pasien bergejala ringan. Sebagiannya juga sudah ada yang sembuh dan dipulangkan,” kata Mimi.

Salah satu orang pasien isolasi mandiri di Asma Haji Riau, El mengatakan, setiap hari selalu dilakukan pengecekan secara rutin dari pihak kesehatan. Mulai pemeriksaan keluhan, tekanan darah, dan lain-lainya.

“Kami juga diberikan program olahraga bersama setiap pagi lebih kurang 2 jam, dan sorenya juga jalan santai sekeliling Asrama,” ujarnya.

El menyebutkan, untuk obat-obatan, pihak medis selalu memberikan cukup dan tidak pernah putus. Selama isolasi El mengaku nyaman sesuai ruangan isolasinya yang juga bagus dengan fasilitas lengkap.

“Fasilitas ruangan lengkap, tempat tidurnya bagus, AC, kamar mandi lengkap. Saya juga cukup sehat disini, pada hal baru 6 hari. Saya juga tenang dak tidak cemas menularkan pada keluarga,” kata dia.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, Asrama Haji ini merupakan penambahan ruangan isolasi sebagai upaya mengantisipasi kalau terjadi lonjakan pasien COVID-19 di Riau. Sebelumnya juga telah disediakan lokasi isolasi di berbagai tempat.

“Kapasitas ruang isolasi mandiri di Asrama Haji Riau ini bisa mencapai 280 orang, khususnya yang bergejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG),” ucapnya.

Kesiapan ruangan ini juga sudah dilengkapi dengan tenaga kesehatan untuk penanganan pasien Covid-19 selama isolasi.

“Dengan adanya penambahan ruangan ini penangan Covid-19  bisa lebih maksimal lagi,” tuturnya.

 

Sumber : Merdeka.com

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Dipimpin Kapolri Secara Virtual, Vaksinasi di Kantor LAM Riau Tersedia 1500 Dosis

rasid

Serentak Secara Nasional, Vaksinasi di Riau Dipusatkan di Komplek City Walk Pekanbaru

rasid

Riau peringkat tiga, Sumatera Barat Peringkat pertama

admin