Lebih Dari Sekadar Kata
Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia saat konferensi pers di kantornya, Jumat (7/1/2022). (Screenshoot/Youtube)

Profil Bahlil Lahadalia Yang Ditunjuk Sebagai Menteri ESDM Ad Interim

Katakata.id – Bahlil Lahadalia baru-baru ini santer diperbincangkan publik. Pasalnya Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ini ditunjuk sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ad Interim.

Lantas seperti apa profil Bahlil Lahadalia yang ditunjuk jadi Menteri ESDM Ad Interim? Berikut ulasannya.

Bahlil lahir di Maluku Tengah, Maluku, 7 Agustus 1976 lalu. Pengusaha sukses ini besar di tengah keluarga yang sangat sederhana.

Sejak dibangku Sekolah Dasar telah membantu perekonomian keluarganya denga berjualan kue di sekolah. Dibangku SMP, ia kemudian bekerja paruh waktu menjadi kondektur bus. Pekerjaannya itu ia lakoni hingga SMA. Tak lama setelah itu dia menjadi sopir angkot.

Sibuk dalam bekerja, Bahlil tetap memperioritaskan sekolahnya. Hal ini terbukti oleh keaktifannya mengikuti beberapa organisasi sekolah. Bahkan dia pernah menjadi ketua OSIS saat di bangku sekolah.

Atas dasar semangat dan tekatnya ia mendaftarkan kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura, Papua. Ia terkenal menjadi seorang mahasiswa yang aktif. Bahlil menjadi pengurus senat mahasiswa, ia juga bergabung di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Berkat kemampuannya itu, berhasil membawanya menduduki posisi puncak sebagai Bendahara Umum PB HMI.

Hingga masa kuliahnya usai, Bahlil terdaftar di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) tingkat kabupaten, provinsi, hingga ke pengurus pusat. Dia kemudian bekerja disalah satu perusahaan dengan gaji yang tergolong tinggi. Berkat pengalaman dan kemamluannya ia memutuskan untuk kelur perusahaan dan ingin mendirikan perusahaan sendiri.

Riwayat Pendidikan:

SDN 1 Seram Timur Maluku
SMPN 1 Seram Timur Maluku
SMEA YAPIS Fakfak Papua
S-1, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay, Jayapura, Papua.

Karier Bahlil Lahadalia

Dari sinilah awal mula karir cemerlang Bahlil di dunia perbisnisan. Ia memanfaatkan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki Papua untuk dijadikannya peluang bisnis. Hingga dia berhasil mendirikan 10 perusahaan dengan berbagaj bidang di bawah PT Rifa Capital sebagai holding company.

Kemampuan Bahlil yang baik dalam mengelola sektor energi membuatnya berkesempatan menjadi Menteri ESDM ad interim. Selain itu, dia merupakan bagain dari internal kementerian yang dikoordinatori oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi.

Riwayat Karier

Bendahara Umum PB HMI
Himpunan Pengusaha Muda Indonesia pada 2003
Pemilik PT Bersama Papua Unggul
Pemilik PT Dwijati Sukses
Pemiilik PT Rifa Capital
Ketua Umum HIPMI pada 2015 hingga 2019

Demikian profil Bahlil Lahadalia yang kini sukses menjadi Menteri ESDM Ad Interim. Semoga menginspirasi dikutip suara.

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Jenewar: Pemimpin harus memiliki ketegasan

admin

Menjadi Enterpreneur muda adalah pilihan hidupnya

rasid

Ade Angga : Politisi itu bekerja untuk kepentingan umum

admin