Lebih Dari Sekadar Kata

Hadaina, putri Pekanbaru yang jadi Ajudan Milenial Gubernur Ridwan Kamil

Katakata.id – Hadaina Zalia atau akrab disapa Seleb, merupakan wanita millenial yang melek dunia politik sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama. Dia mengikuti beberapa lomba debat yang bertemakan isu – isu politik. Pendidikan Strata 1 Jurusan Hubungan Internasional, berhasil dia selesaikan pada tahun 2018 di FISIP Universitas Riau. Selanjutnya, saat ini dia sedang menempuh jenjang Strata 2 di Universitas Indonesia dengan jurusan Ilmu Politik.

Baru-baru ini, wanita kelahiran 9 Juli 1996 di Kota Pekanbaru, Riau, ini berhasil terpilih sebagai Ajudan Milenial Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil melalui Program Ajudan Millenial Jabar Future Leaders tahun 2021. Program tersebut merupakan kerja sama antara Humas Pemprov Jabar dan Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat, yang didukung penuh oleh Bank Jabar Banten (BJB).

Hadaina mengikuti seleksi secara virtual yang terbagi dalam 2 tahap, yakni pertama, mengirim esai dengan tema “Apa mimpi kamu untuk Jawa Barat dan Indonesia”, dan mengunggah video profil di Instagram yang di dalamnya juga termasuk motivasi mengikuti kegiatan tersebut. Kedua, mengikuti tes evaluasi fisik dengan cara mengirimkan bukti lari atau jalan cepat selama 15 menit lalu mengunggah video one take 1 menit push up dan 1 menit sit up serta tes wawancara.

Usai mengikuti tahap seleksi tersebut, Hadaina Zalia akhirnya terpilih menjadi salah satu dari dua peserta yang berasal dari luar pulau Jawa sebagai Ajudan Millenial Gubernur Jawa Barat.

“Bangga bisa mewakili Riau dan Luar Pulau Jawa. Berharap bisa memberikan yang terbaik untuk bapak Ridwan Kamil dan mendapatkan ilmu yang maksimal serta pengalaman yang berharga,” kata Hadaina Zalia, Senin (5/7/2021) di Pekanbaru.

Hadaina Zalia menilai program serupa kiranya bisa diterapkan di Pekanbaru sehingga bisa menyalakan kembali semangat kepedulian kaum milenial terhadap pemerintahan.

Dengan program ajudan milenial ini, Hadaina berharap dapat membuka mata Pemerintah Kota Pekanbaru maupun Provinsi Riau bahwa program pemberdayaan milenial ini sangat baik untuk membangun public trust terhadap pemerintah.

Program tersebut bertujuan agar para milenial memiliki kesempatan terjun langsung melihat dinamika pemerintahan dan proses kerja seorang kepala daerah, yang dalam hal ini ialah Gubernur Jabar. Selain itu, juga untuk memberi bekal pelatihan kepemimpinan calon pemimpin masa depan langsung dari Ridwan Kamil.

Pada tahun ini dipilih 22 orang ajudan dari total 11.171 yang mendaftar. Ajudan yang terpilih itu nanti akan bertugas selama setahun dan masing-masing memiliki jadwal mendampingi Ridwan Kamil dalam kegiatan yang berbeda-beda.**

 

Reporter: Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Deny Rendra : Berorganisasi bisa mengembangkan Soft Skill

admin

Jenewar: Pemimpin harus memiliki ketegasan

admin

Ade Angga : Politisi itu bekerja untuk kepentingan umum

admin