Lebih Dari Sekadar Kata
Penyerahan plakat kepada dua orang narasumber pada kegiatan Motiva Talk How to be an agripreneur. [Foto : Istimewa]

Tumbuhkan Jiwa Agropreneurship, Faperta UPP Gelar Motiva-talk “How To Be An Agripreneur

KataKata.id – Fakultas Pertanian Universitas Pasir Pengaraian telah melaksanakan Motiva Talk How to be an agripreneur, Sabtu (20/11/2021) lalu. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula UPP dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya. Adapun yang menjadi nara sumber yakni konsultan bisnis dan direktur PT Tata Kelola Komunika (Talk Asia) Gustri Amri SE MSc M.Ikom, Pendiri dan pengelola Klinik UMKM SN Martiardi ST dan dipandu oleh Moderator Sischa Febriani Yamesa Away STrP MApp Sc.

“Acara ini diselenggarakan dalam bentuk Motiva-Talk atau perbincangan motivasi. Tujuan Fakultas Pertanian melaksanakan motiva talk ini adalah untuk menggugah dan menumbuhkan jiwa enterpreneurship terutama di bidang pertanian atau disebut dengan Agropreneurship bagi para mahasiswa Fakultas Pertanian,” kata Dekan Fakultas Pertanian UPP, Lufita Nur Alfiah kepada katakata, Selasa (23/11/2021).

“Kegiatan ini sesuai dengan tag line UPP sebagai Kampus Teknopreneur dan juga visi misi Fakultas Pertanian yakni menciptakan lulusan berjiwa agropreneurship,” terangnya.

“Jadi, salah satu kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan wawasan tentang agropreneurship itu adalah mendatangkan praktisi di bidang Agropreneurship,” sambung Lufita.

Dikatakannya, pada acara tersebut mahasiswa diberikan wawasan dan motivasi terkait bagaimana memulai menjadi seorang agropreneur. Yang paling sulit adalah merubah mindset. Sekarang yang terjadi, mahasiswa itu begitu lulus ya fotocopy ijazah, legalisir dan disebar ke perusahaan perusahaan untuk mencari kerja. Lulusan yang berperan sebagai job seeker.

Padahal menurutnya, sejak mahasiswa bisa menciptakan peluang kalau pun tidak bagi orang lain minimal peluang untuk diri mereka sendiri. Usaha pertanian termasuk yang paling tahan uji ketika masa pandemi. Sehingga bisnis di bidang pertanian itu relatif stabil.

Dengan adanya acara ini diharapkan Lufita, mahasiswa pertanian termotivasi dan bertambah wawasannya tentang bagaimana memulai untuk menjadi seorang Agropreneur. Bagaimana mendapatkan financial education juga, merubah sikap diri menjadi orang yang lebih disiplin, terbuka, menghargai orang lain, mampu menjalin kerjasama dan membuat tim.

“Jadi seperti itu yang diharapkan,” jelasnya.

“Semoga dengan adanya perbincangan motivasi ini bisa menggelorakan semangat dan membuka wawasan mahasiswa tentang agropreneurship,” tutup Lufita.

Reporter : Rasid Ahmad
Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

30 Peserta Ikuti Seleksi Beasiswa Pendidikan Kabupaten Rokan Hilir

rasid

Mahasiswa Kukerta Integrasi UNRI 2023 Gelar Sosialisasi PHBS di SD Negeri 001 Salo

rasid

Kritik Seni Musik Nusantara Rapai Bubee

rasid