Lebih Dari Sekadar Kata
Tim Kukerta Unri Sialang Munggu di Kebun Milik Bersama Warga RW 06 ( Foto : Tim Kukerta Unri Sialang Munggu )

Tim Kukerta Unri bersama warga galakkan program Ketahanan Pangan

KataKata.id – Tim Kukerta Unri Sialang Munggu ikut serta membantu memanen dan menanam kembali bibit yang ada. ditemani Agung, warga setempat, bersama rekan-rekannya. hal ini dilaksanakan di salah satu lahan kosong yang berada di RW 06 Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tuah Madani, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Ahad (1/8/2021).

Penanaman sayuran melewati berbagai proses, diawali dengan membajak tanah, menaburkan bibit, sampai kepada proses akhir yaitu pemberian pupuk.

“Kami sebagai mahasiswa siap mengabdi ke masyarakat, salah satunya dengan turut membantu berkebun seperti ini bersama warga setempat,” kata M Rizky Edriansyah selaku Ketua Tim Kukerta Unri Sialang Munggu.

“Dengan bertani kita dapat berupaya menguatkan ketahanan pangan terutama di masa pandemi ini, maka dari itu kami ikut serta dalam membantu petani mengelola kebunnya,” kata Novrizki Khairul Ikhsan selaku Wakil Ketua Tim Kukerta Unri Sialang Munggu.

Tidak butuh waktu lama untuk sayur-sayuran tersebut dapat dipanen, cukup menghabiskan waktu 18 hingga 20 hari sayur-sayuran sudah bisa dikonsumsi dan dipasarkan. sebagian sayuran dikonsumsi oleh warga dan sebagian dipasarkan.

Proses pemasaran dilakukan dengan menyalurkan kepada distributor yang sudah menjadi langganan.

Hasil dari panen sayuran dapat memenuhi kebutuhan pangan dan menambah penghasilan warga dimasa pandemi ini.

“Berkebun seperti ini dapat mempengaruhi kegiatan produksi pertanian, ketersediaan pangan, ketahanan pangan, serta meningkatkan penghasilan keseharian kami,” ujar Agung.

Oleh karena itu, diharapkan masyarakat juga perlu berpartisipasi aktif pada kegiatan urban farming terutama di masa pandemi saat ini. begitupun akademisi perlu berperan aktif untuk menghasilkan inovasi yang dapat digunakan untuk menunjang produksi pertanian.

Sumber : Rilis || Editor : Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

[FOTO] Pelantikan Rektor UIR periode 2021-2025

abbas

PKKMB UPP Rohul resmi dibuka, Ketua Dewan Pembina YPRH sampaikan pentingnya revolusi mental

rasid

Keren, PCR Berhasil Boyong 6 Penghargaan pada Mandalika Essay Competition

rasid