Lebih Dari Sekadar Kata
Jajaran pengurus Ika Faperika Unri. [Istimewa]

Pengurus IKA Faperika Unri Dilantik,  Widjayanto ketua Terpilih

KataKata.id – Pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Perikanan dan Kelautan (Faperika) Universitas Riau 2021 – 2024,  resmi dilantik Ketua Umum IKA UNRI, Wan Muhammad Hasyim,  di Aula  Terubuk, DKP Provinsi Riau, Sabtu (30/10/2021).

Wan Muhammad Hasyim dalam pidato sambutannya menyebutkan motto IKA FAperika UNRI dalam menjalankan organisasi adalah “Konsolidasi, Kolaborasi dan Kompetensi”.

Menurut dia, hal tersebut merupakan pegangan utama untuk meningkatkan kekuatan alumni yang tersebar dari Sabang sampai Marauke. Jumlah alumni yang begitu besar merupakan sumberdaya yang luar biasa.

“Saat ini IKA Unri tengah menggesa pembangunan pusat kegiatan alumni yang memilki aula berkapasitas 300 orang. Pusat kegiatan alumni ini nantinya akan menjadi wadah berbagai macam kegiatan, seperti wiraswasta dan tempat diskusi alumni. InsyaAllah tahun ini siap,” ungkapnya

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Dekan III Faperika UNRI, Sofyan Husein yang mengatakan bahwa perguruan tinggi tidak bisa lepas dari alumni karena peran alumni termasuk dalam tiga dari sembilan standar program studi perikanan dan kelautan sebagai indeks kinerja utama.

“Peran alumni merupakan indikator keberhasilan pendidikan yang diselenggarakan program studi di perguruan tinggi. Serapan alumni di dunia kerja juga menjadi indeks kinerja utama, misalnya dari sisi kewirausahaan. Dengan kata lain, informasi kewirausahaan tersebut juga dapat menjadi jembatan antara alumni dan fakultas dalam bentuk kerja sama,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua IKA Faperika UNRI Widjayanto usai dilantik mengatakan ucapan terima kasih atas amanah yang dipercayakan kepadanya dan mohon doa restu agar selama kepemimpinannya ke depan, IKA Faperika dapat memberikan manfaat baik kepada anggota maupun masyarakat secara luas.

“Usai pelantikan, kita langsung melaksanakan Rapat Kerja IKA  Faperika sekaligus melaksanakan konsolidasi dan koordinasi antar pengurus terkait rencana program kerja,” pungkasnya.

Selanjutnya Ketua IKA Faperika Unri menyampaikan bahwa diharapkan nantinya alumni Faperika bisa bersaing terutama di era revolusi industry 4.0 dan menuju Indonesia Maju 2035.

Sebagai informasi tambahan, formasi pengurus IKA Faperika Unri adalah sebanyak 48 orang yang membawahi sejumlah bidang.

Pada saat yang bersamaan juga dilakukan pengukuhan IKA Faperika Sumut yang diketuai Oleh Mulyadi Simatupang SPi MSi (Kepala  DKP SUMUT) dan Simpul Alumni DKP Riau yang diketuai oleh Ir H Herman MSi (Kepala DKP Riau) Pada kesempatan itu Ir H Herman menyampaikan bahwa sumberdaya alumni ini begitu besar dan ada hampir seluruh Indonesia. Oleh karena itu perlu adanya komunikasi untuk membentuk jejaring yang lebih luas melalui wadah IKA FAPERIKA. Kolaborasi antara DKP Riau dan IKA Faperika serta IKA Unri diharapkan terus dapat berjalan sehingga dapat mewujudkan perikanan dan kelautan yang maju.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Utara yang juga Ketua IKA Faperika Sumut berharap kekompakan antar alumni harus selalu kita wujudkan. Ini sangat penting sehingga ikatan alumni bisa menjadi kekuatan yang besar. Dan nantinya bisa bermanfaat buat alumni dan almamater.

Usai pelantikan pengurus juga dilaksanakan rapat kerja untuk menyusun program dan kegiatan alumni.

Sumber : Rilis
Editor : Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Berikut Daftar PTN Terbaik versi QS AUR, Bisa Jadi Referensi Buat Calon Maba

rasid

Unilak Pekanbaru dan STMIK Indonesia Padang Jalin Kerja Sama MBKM

abbas

Dekan Ajak Sivitas Akademika Bersinergi Bangun FKIP UIR

rasid