Lebih Dari Sekadar Kata
Konsolidasi Pemuda dan Mahasiswa Riau Jakarta ( Foto : Istimewa )

Riski : ini momentum yang tepat bagi Riau mendapatkan haknya di blok rokan

KataKata.id – Bertepatan dengan Hut ke-64 Provinsi Riau, PT Pertamina (Persero) melalui anak usaha PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) resmi mengelola wilayah Kerja minyak dan gas bumi Rokan atau blok Rokan pada 9 Agustus 2021. Sebelumnya blok ini selama setengah abad dikelola oleh PT Chevron Pasific Indonesia ( CPI ).

Kini pemerintah menyerahkan pengelolaan Blok Rokan ke pertamina untuk jangka waktu 20 tahun ke depan. saat ini wilayah kerja tersebut menghasilkan sekitar 165.000 barrel minyak per hari atau sekitar 24 persen produksi minyak nasional. hampir 51,5 persen cadangan minyak nasional ada di Provinsi Riau.

Mantan ketua Himpunan Pelajar Mahasiswa Riau (Hipemari) Jakarta, Riski Beradat menyatakan kami bersama-sama dari perwakilan ketua setiap Provinsi Mahasiswa Riau se-Indonesia sudah melakukan konsolidasi dan diskusi internal mengenai dinamika blok rokan jauh hari. ini momentum yang tepat bagi provinsi Riau bisa mendapatkan haknya di blok rokan.

“Hal ini selaras dengan janji pak Jokowi ketika berkampanye di Riau pada Pemilihan Presiden 2019 dua tahun silam. beliau pernah berjanji memberikan kesempatan kepada putra Melayu Riau untuk menjadi Komisaris Utama Hulu Rokan. kami akan tuntut itu dan jangan ingkar janji,” kata Riski melalui keterangan tertulis yang diterima KataKata, Senin (9/8/2021).

Riski menjelaskan, kami dari gabungan mahasiswa Riau se-Indonesia akan mengawal dan menyurati Presiden Jokowi dan Direktur Utama PT Pertamina dalam waktu dekat untuk segera merealisasikan janji-janji serta kesepakatan yang sudah disampaikan kepada masyarakat Riau mengenai blok Rokan ini.

“Jangan sampai hanya seromonial belaka saja beralihnya tata kelola wilayah kerja Blok Rokan dari Chevron ke Pertamina. faktanya, belum bisa dinikmati secara merata oleh masyarakat Riau terutama masyarakat di wilayah penghasil dan sekitar wilayah pertambangan,” jelas Riski yang juga merupakan aktivis Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Trisakti.

“Mengenai persoalan Sumber Daya Manusia, putra dan putri di Riau itu banyak yang berkompeten di bidang perminyakan dan bidang lainnya juga,” terangnya.

“Sudah sepatutnya putra putri asli anak Riau menikmati hasil bumi kelahirannya sendiri dan masyarakat Riau merasakan kesejahteraan dengan kembalinya blok Rokan ke pangkuan ibu pertiwi,” tutup Riski.

Reporter : Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

CEO Keroncongantar: Pentingnya Mahasiswa Baru Menguasai Teknologi di Era Society 5.0

rasid

Universitas Pasir Pengaraian pecahkan rekor kegiatan vaksinasi se Rokan Hulu

rasid

Jelang Penutupan Pendaftaran Bakal Calon Rektor Unri, Sudah 4 Orang yang Mendaftar

rasid