Lebih Dari Sekadar Kata
Mendikbud Ristek Dikti Nadiem Karim saat memberikan paparan secara daring pada Rakernas Gerakan Pramuka tahun 2022. (Foto: Istimewa)

Nadiem Makarim Sebut Gerakan Merdeka Belajar Jadi Sejarah Baru Dunia Pendidikan Indonesia

Katakata.id – Dalam upacara Hardiknas 2023 di gedung Kemendikbud, Jakarta, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Mendikbud Nadiem Anwar Makarim menyebut gerakan Merdeka belajar menjadi sejarah baru dalam pendidikan di Indonesia.

Dia berpendapat, gerakan ini dinilai mampu membawa perubahan besar dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia selama tiga tahun terakhir.

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,”kata Nadiem, Selasa (2/5/2023).

Saat ini, kata dia, anak-anak dapat belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mercka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.

Dulu, kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya kini dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

“Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka,” jelas dia.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

Selain itu, dari segi pendanaan, pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Mekanisme Dana Indonesiana yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan kebudayaan.

“Saudara saudariku, mari kita ingat, bahwa bersama-sama kita telah membuat scjarah baru dengan gerakan Merdeka Belajar. Transformasi yang masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama kita,” ucap dia.

Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional tahun ini, menurutnya adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil.

Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan untuk memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar.

“Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan. Selamat Hari Pendidikan Nasional,” tutup Nadiem.

Sumber: okezone

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

21 Mahasiswa Positif Corona-1 Karyawan Wafat, Kampus ISI Solo Lockdown

admin

Mahasiswa KKN Unri Terintegrasi Desa Sawah Baru Gelar Lokakarya

rasid

Implementasikan Program MBKM, STT Pekanbaru Jalin Kerjasama Dengan Unilak

rasid