Lebih Dari Sekadar Kata
Saat mahasiswa Kukerta Unri memeriksa tekanan dan gula darah salah satu masyarakat ( Foto : Ari Hawwari )

Mahasiswa  Kukerta Unri Edukasi masyarakat dengan Program Kesehatan

KataKata.id – Tekanan darah dan gula darah merupakan pemeriksaan kesehatan yang penting untuk diketahui oleh masyarakat. terutama pada orang dewasa hingga lanjut usia.  pemeriksaan tekanan darah memiliki manfaat yaitu membantu untuk mendeteksi adanya kemungkinan risiko hipertensi sedangkan untuk pemeriksaan gula darah atau glukosa dapat mengidentifikasi tinggi rendahnya kadar gula darah dalam tubuh.

Pentingnya pemeriksaan Tekanan Darah dan Gula Darah, kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau di Desa Buluh Cina, Siak Hulu, Kampar melakukan pemeriksaan dan edukasi secara door to door  kepada masyakarat Desa Buluhcina khususnya di Dusun satu.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk realisasi program Kukerta mahasiswa dalam melakukan pengabdian pada masyarakat.

Saat Mahasiswa Kukerta Unri memeriksa tekanan darah salah satu masyarakat ( Foto : Ari Hawwari )

 

Pemeriksaan dan edukasi ini dilaksanakan pada tanggal 15 hingga 18 Juli 2021. Mahasiswa Kukerta Buluh Cina datang ke rumah masyarakat untuk melakukan pemeriksaan.

“Perlu diketahui selama kegiatan ini berlangsung mahasiswa tetap menjalani protokol kesahatan Covid-19 sebagai ikhtiar memutus rantai penyebaran Covid-19. adapun target dari pemeriksaan yakni berjumlah 50 orang,” kata Annisaa Soraya selaku koordinator kegiatan.

Adanya kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut disambut baik oleh masyarakat Desa Buluh Cina. hal ini dibuktikan dari banyaknya masyarakat yang antusias mengikuti pemeriksaan gula darah dengan alasan ingin tahu apakah gula darahnya tinggi atau normal, jika tinggi maka dapat dilakukan dengan pengobatan dini.

“Selain melakukan pemeriksaan, kami mahasiswa Kukerta juga melakukan edukasi setiap selesai pemeriksaan kepada masyarakat,” kata Dinda, salah satu mahasiswa Kukerta.

Edukasi ini bertujuan mengajak masyarakat untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Selain door to door, ada juga beberapa masyarakat yang datang dengan kemauan sendiri ke Posko Mahasiswa Kukerta untuk dilakukan pengecekan.

Melalui kegiatan ini Mahasiswa Kukerta Unri berharap agar masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan serta mencegah terjadinya penyakit.

Pengirim : Ari Hawwari, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Unri

Dokumentasi

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Pertunjukan Musik Alu Katentong Dalam Festival Pameran Minangkabau

rasid

Bijak Kelola Keuangan Agar Keluarga Tak Berujung Perceraian

rasid

Saidul Amin Resmi Dilantik Sebagai Rektor UMRI

rasid