Lebih Dari Sekadar Kata
Kegiatan cek darah yang digelar tim Mahasiswa Kukerta Unri Desa Tanah Merah (Foto : Dok. TIm Kukerta Mahasiswa Unri Tanah Merah)

Mahasiswa Kukerta Unri adakan kegiatan cek gula darah bagi Lansia 

KataKata.id – Kelompok Kukerta Desa Tanah Merah Universitas Riau (Unri) melakukan program pemeriksaan gula darah dan senam sehat bersama ibu-ibu lansia di aula Kantor Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Ahad pagi (25/7/2021).

Ibu-ibu yang biasa melaksanakan senam di halaman depan kantor kecamatan Desa Tanah Merah terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan pemeriksaan gula darah yang dilaksanakan oleh para mahasiswa.

Terdapat 20 orang ibu-ibu lansia yang mendaftar.

Tim Kukerta melakukan pemeriksaan tekanan darah dan gula darah serta mengedukasi kepada ibu ibu bagaimana cara menghindari dan mengatasi Hipertensi dan Hiperglikemia. ada berbagai macam hasil yang didapatkan pada saat pemeriksaan berlangsung.

Hanifah, salah satu anggota kukerta tanah merah yang menjadi pemeriksa, mengatakan bahwa ada hasil pemeriksaan dari seorang ibu yang memiliki gula darah yang tinggi.

Dia menjelaskan, nilai normal gula darah setelah makan kurang dari 200 mg/dL sedangkan delapan jam sebelum makan yaitu kurang dari 126 mg/dL. hasil gula darah ibu ini melebihi batas normal. Jika ibu sudah melakukan pengobatan dari dokter sebelumnya, ibu harus rajin minum obat.

“Pola makannya diterapkan, asupan gizinya dan kalori juga agar terhindar dari faktor risiko penyakit yang lain seperti obesitas, penyakit jantung dan lainnya,” jelas Hanifah.

Sumber : Rilis

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

PKKMB Universitas Pasir Pengaraian resmi ditutup

rasid

Unilak Jalin Kerjasama Dengan SMKN 6 Pekanbaru

rasid

PCR Dampingi Disdik Riau pada Pelaksanaan PPDB 2021

abbas