Lebih Dari Sekadar Kata
Ketua Kwarnas diwakili oleh Wakil Ketua/Ketua Komis Kehumasan dan Informatika Kak Berthold DH Sinaulan menyampaikan sambutan pada launching aplikasi Simuka Kwarda Riau Jum'at (26/11/2021) malam di Balai Serindit Gedung Daerah Riau. [Foto: Rilis]

Launching Aplikasi Simuka, Kwarda Riau Dapat Acungan Jempol dari Kwarnas Pramuka

Katakata.id – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau melaunching aplikasi sistem informasi manajemen Pramuka yang dikenal dengan SIMUKA. Aplikasi SIMUKA di launching oleh Gubernur Riau yang diwakili oleh Wakil Gubernur Edy Natar Nasution pada Jum’at (26/11/2021) malam secara offline dan virtual bersamaan dengan acara pelantikan Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka (Mabisaka) Tingkat Daerah Riau, pembukaan Kursus Pengelola Dewan Kerja (KPDK) dan penandatanganan kerjasama antara Kwarda Riau dengan media cetak dan online di Balai Serindit Gedung Daerah Riau, Pekanbaru.

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka diwakili oleh Wakil Ketua/Ketua Komisi Kehumasan dan Informatika Berthold DH Sinaulan menyampaikan sangat gembira atas dilaunchingnya aplikasi SIMUKA ini oleh Kwarda Riau.

“Kemampuan mengelola informasi dengan aplikasi seperti Simuka memang sudah menjadi hal yang harus dapat dikembangkan pula oleh seluruh jajaran Gerakan Pramuka,” kata Berthold.

“Sistem informasi semacam ini sekaligus dapat menjadi sistem pengolahan data potensi keanggotaan yang bermanfaat digunakan untuk berbagai hal,” terangnya.

“Kwarda Riau telah memulai dengan aplikasi yang sesuai era digital saat ini, saya berharap aplikasi ini dapat dikembangkan untuk lebih berkolaborasi dan bersinergi antara Kwartir mulai Kwartir Nasional sampai ke seluruh Kwartir Daerah sehingga sistem informasi kita berkembang lebih baik lagi sesuai dengan kebutuhan zaman dan kebutuhan masyarakat luas,” jelas Berthold.

“Sebagai Wakil Ketua/Ketua Komisi Kehumasan, kemajuan kehumasan dan informatika di Kwarda Riau patut saya acungi jempol,” tutupnya.

Ketua Kwarda Riau HM Azaly Djohan dalam sambutannya menyampaikan di tengah situasi dan kondisi saat ini, Kwarda Riau terus berusaha agar kegiatan-kegiatan Kepramukaan dapat terus dilaksanakan termasuk penguatan sistem informasi untuk anggota Pramuka.

“Di era teknologi sekarang ini, aplikasi memegang peranan penting agar setiap orang dapat mudah melakukan aktivitas keseharian,” kata Azaly Djohan.

“Begitu juga dengan Gerakan Pramuka sebagai sebuah organisasi yang memiliki anggota yang cukup besar, mulai dari, Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega maupun anggota dewasa, juga membutuhkan informasi dan aktivitas lainnya agar kegiatan-kegiatan Kepramukaan khususnya dapat diakses dengan mudah, cepat dan akurat,” terangnya.

Aplikasi Simuka dibuat oleh bidang kehumasan dan informatika yang diketuai oleh Riza Pahlefi dengan membentuk tim pengembangan dan helpdesk aplikasi Simuka terdiri dari Jeffri Hunter, Oki Helfiska, Muhammad Addinillah, Herry Syahrial dan Reno Paslah.

Acara launching aplikasi Simuka dihadiri oleh Anggota DPD RI Edwin Pratama Putra, Mabisaka dan Pimpinan Saka tingkat Daerah Riau, Ketua Harian Mabida Riau Masrul Kasmy, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikram, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau Mamun Murod, Anggota Mabida Harian, Pengurus Kwarda Riau, peserta KPDK Daerah Riau dan undangan lainnya. (Rilis/IR)

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Dosen FKIP Unri Beri Kuliah Tamu di Universitas Pendidikan Mandalika

rasid

Mahasiswa Fakultas Pertanian UPP 2023 yang Kuliah Magang Tersebar di 14 Perusahaan di Sumatera

rasid

Mahasiswa Kukerta Unri Adakan Sosialisasi Pembuatan Pupuk Kompos di Desa Barangan

rasid