Lebih Dari Sekadar Kata
Kegiatan pengabdian masyarakat oleh Dosen Unilak kepada guru - guru Paud Pelita Harapan di tenayan raya. (Foto : Istimewa)

Dosen Unilak latih guru kelola sampah

KataKata.id – Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lancang Kuning bekerjasama dengan Himpaudi Kecamatan Tenayan Raya melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pelatihan Recycle System sebagai sarana edukasi pengelolaan sampah sekolah bagi Guru PAUD” yang diadakan pada 25 Agustus 2021 di PAUD Pelita Harapan.

PKM ini diketuai oleh Yesi Novitasari MPd. didukung penuh oleh Tim Pengabdian yakni Siti Fadillah MPd dan Destina Kasriyati MPd.

Acara di hadiri oleh Lisia Karmila selaku Ketua Himpaudi Kota Pekanbaru, Rita Elona SPd selaku Ketua Himpaudi Kecamatan Tenayan Raya dan guru PAUD Kecamatan Tenayan Raya.

“Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sangat bermanfaat bagi guru dan pengelola. karena materi yang diberikan sangat dekat dengan keseharian guru/pengelola dan anak,”kata Ketua Himpaudi Kecamatan Tenayan Raya, Rita Elona.

“Tim Pengabdian memberikan motivasi tentang pentingnya kebersihan, baik kebersihan diri sendiri juga kebersihan lingkungan sekolah. selanjutnya mengenai pengelolaan sampah sekolah,” terang Rita.

“Sehingga sampah-sampah yang berserakan dan bertumpukan dapat dikelola dengan baik oleh guru atau pengelola bahkan lebih baik lagi jika anak terlibat aktif dalam menjaga kebersihan dan mengelola sampah sekolah,” ungkapnya.

Kegiatan Pengabdian Dosen Fkip Unilak kepada Guru Paud Pelita Harapan di Tenayan Raya (Foto : Istimewa)

“Tim Pengabdian juga memberikan praktik sederhana tentang memanfaatkan “sampah” sekolah dengan merecycle dan menghasilkan produk dengan fungsi berbeda,” kata Lisia Karmila selaku Ketua Himpaudi Kota Pekanbaru.

“Contohnya seperti yang terlihat pada gambar di atas, kardus bekas dapat disulap menjadi media pembelajaran Rumah Pintar yang dapat digunakan untuk mengenal huruf dan angka saat pembelajaran di PAUD,” sambung Lisia.

“Kegiatan ini bermanfaat karena guru juga dibekali bagaimana mendaur ulang sampah menjadi barang yang dapat digunakan kembali, seperti media pembelajaran diatas,” kata Ketua Tim PKM, Yesi Novitasari.

“Lebih jauh tentu akan berpengaruh baik pula pada perkembangan anak dan sekolah itu sendiri,” ujarnya.

“Semoga dengan diadakannya acara ini, guru/pengelola dapat lebih memahami tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan mampu mengelola sampah menjadi benda yang berdaya guna,” terang Yesi yang juga dosen Fkip Unilak ini.

“Salam semangat untuk kita semua,” tutupnya.

Reporter : Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Tradisi pernikahan masyarakat desa Tanjung

rasid

SMP Juara Pekanbaru Borong Medali Pada Ajang OPSI dan Juara Futsal se-Pekanbaru

rasid

Menuju World Class University, UPP Gelar pertemuan dengan Dewan Pembina YPRH

rasid