Lebih Dari Sekadar Kata

Cegah Stunting, tim pengabdian Kukerta Unri lakukan pendataan gizi balita di Desa Sungai Putih

KataKata.id – Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau 2021 di Desa Sungai Putih, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau melakukan pendataan gizi pada balita dan pembagian makanan sehat tempatan. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu pencegahan dan penanganan stunting atau tumbuh pendek sejak dini pada balita.

Kegiatan berlangsung Kamis, 15 Juli 2021, diikuti oleh lebih dari 68 anak Desa Sungai Putih. Sementara mahasiswa Kukerta yang terlibat berjumlah 10orang yang dibimbing oleh Dr Hendro Ekwarso, dosen Fakultas Ekonomi Universitas Riau yang juga Ketua Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI) Provinsi Riau.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu orang tua memantau perkembangan anaknya dan memotivasi agar lebih peduli akan kesehatan dan gizi anak,” kata Sri Wahyuni, bidan desa Sungai Putih yang juga ikut turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Stunting merupakan masalah kekurangan gizi kronis pada balita yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya. Masalah stunting dipengaruhi oleh rendahnya akses terhadap makanan dari segi jumlah dan kualitas gizi, serta sering kali tidak beragam. Oleh karena itu, salah satu cara pencegahan stunting adalah dengan pemanfaatan sumber daya tempatan.

Pendataan gizi pada balita bertujuan untuk memantau dan mengetahui tumbuh kembang balita sehingga peluang terjadinya stunting pada anak dapat dicegah lebih dini. Data gizi balita juga berfungsi untuk kontrol bagi orang tua dalam menentukan pola asuh dan kebutuhan anaknya. Pola asuh dan status gizi sangat diperlukan orang tua terutama ibu dalam mengatur kesehatan dan gizi keluarganya.

Tim kukerta Unri dalam kegiatan pendataan gizi dan pembagian makanan sehat tempatan ini bekerja sama dengan kelompok PKK di Desa Sungai Putih.**

 

Pengirim: Dian Permana Putra

Editor: AA. Rahman

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Tim Kukerta Unri jadi relawan Satgas Penerapan Protokol Covid-19 di Kuansing

admin

12 Negara paling berpendidikan di dunia

admin

Developing self-control through the wonders of intermittent fasting

admin