Lebih Dari Sekadar Kata
Ary Nugraha. (Dok. Pribadi)

Membongkar Rahasia Memenangkan Pilkada Riau: Strategi Personal Branding yang Inovatif dan Efektif

Oleh: Ary Nugraha

Katakata.id – Berdasarkan analisis dari hasil survei beberapa lembaga survei, menurut Dr Tito Handoko SIP MSi, Akademisi Fisip UNRI di Podcast Serantau TV bahwa Riau ini masih belum ada yang punya, belum ada yang bisa mengklaim bahwa ketika maju di pilkada ia akan menang mendapatkan suara yang banyak, oleh karena itu semua masih dinamis.
.
Adapun para bakal kandidat saat ini masih dalam tahapan Kegiatan membranding diri memperkenalkan pada masyarakat untuk meningkatkan popularitas. Misalnya beberapa kandidat itu masih bergeliat untuk memperkenalkan dirinya dengan berbagai macam kegiatan baik di media konvensional maupun media daring, kegiatan canvasing lewat baliho, spanduk.
.
Namun ada sebuah catatan dari kegiatan membranding diri para bakal kandidat yang hanya sebatas mengejar populer tetapi belum tentu pula disukai. Terlebih jika dicermati pola-pola memperkenalkan diri atau personal branding para tokoh politik yang akan maju di pilkada riau ini cenderung begitu-begitu saja, atau pola-pola lama yang tidak menarik baik dari sisi kegiatan atau konten yang dimainkan.

Berikut masukan saya Untuk meningkatkan personal branding tokoh politik yang akan serius dalam pilkada riau dalam konteks ini, beberapa saran yang dapat dipertimbangkan adalah:

  • Inovasi dalam Konten dan Pendekatan: para bakal kandidat perlu memikirkan ide-ide baru dalam menyampaikan pesan mereka. Banyak tokoh politik masih menggunakan pendekatan lama yang kurang menarik. Misalnya, mereka bisa memanfaatkan media sosial untuk berbagi cerita yang lebih pribadi dan relevan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Riau.
  • Fokus pada Isu-isu lokal yang penting: Tokoh politik harus memahami dan mengartikulasikan isu-isu yang benar-benar penting bagi masyarakat Riau. Personal branding yang efektif harus membangun narasi yang kuat di sekitar solusi untuk masalah-masalah ini.
  • Kolaborasi dengan Influencer lokal: Melibatkan tokoh-tokoh atau influencer lokal yang populer bisa membantu mencapai audiensi yang lebih luas. Kolaborasi ini dapat memberikan sudut pandang baru dan menyegarkan dalam penyampaian pesan politik.
  • Konten Berbasis Video dan Visual: Mengingat trend konsumsi konten saat ini, penggunaan video dan konten visual yang menarik dapat sangat efektif. Ini termasuk cerita singkat, klip kampanye, dan animasi yang menggambarkan visi dan program politik dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.
  • Keterlibatan Aktif dengan Konstituen: Jangan hanya fokus pada membangun citra, tetapi juga aktif terlibat dengan masyarakat. Ini bisa melalui kehadiran dalam acara-acara lokal, mengikuti diskusi publik, atau bahkan turun langsung ke lapangan untuk mendengarkan aspirasi dan masalah langsung dari warga.
  • Penguatan Personalitas dan Kredibilitas: Penting bagi tokoh politik untuk menonjolkan kepribadian mereka sendiri, tetapi juga membangun kredibilitas yang kuat melalui pengalaman, kejujuran, dan keseriusan dalam memecahkan masalah.
  • Pemantapan Citra dan Konsistensi: Pastikan bahwa pesan dan citra yang disampaikan konsisten di semua platform dan media. Hal ini membantu membangun merek personal yang kuat dan mudah diidentifikasi oleh masyarakat.

Dengan paparan strategi ini, diharapkan para tokoh politik yang akan maju di Pilkada Riau sadar akan pentingnya dalam menyiapkan langkah efektif untuk dapat meningkatkan popularitas mereka dengan cara yang lebih autentik dan efektif.(**)

Penulis merupakan Praktisi start up & Digital Campaign Strategis (Nominator Top 100 start up Dunia).

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Ancaman teknologi MASS bagi dunia maritim Indonesia

rasid

Resesi Ekonomi Global 2023, Bagaimana Indonesia?

rasid

Identifikasi Ragam Kesantunan Para Pedagang terhadap Pengunjung di Sekitaran Pantai Matras

rasid