Lebih Dari Sekadar Kata
Ilustrasi. [iccn.or.id]

Riau Dipercaya Jadi Tuan Rumah ICCF, Berikut Rentetan Agendanya

KataKata.id – Riau dipercaya menjadi tuan rumah acara bergengsi bertajuk Indonesia Creative Cities Festival atau yang lebih dikenal dengan ICCF. Asal usul ICCF sendiri sebenarnya tidak terlepas dari keberadaan kota-kota kreatif yang membentuk jaringan di bawah Indonesian Creative Cities Network atau ICCN.

Artinya, ICCF merupakan salah satu produk ICCN yang ditandai dengan sejumlah kegiatan seperti pameran produk kreatif Indonesia, hingga pertukaran ide bagi semua pihak yang berkompeten dengan industri kreatif nusantara.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Riau, Roni Rakhmat mengatakan, bagi Bumi Lancang Kuning, kebijakan penunjukan sebagai tuan rumah dinilai sangat penting. Terutama dalam upaya menjadi salah satu pemain dalam mengembangkan industri kreatif di Daerah.

Selain mempersiapkan segala sesuatu yang penting, tambah Roni, untuk menyukseskan acara, Pemprov Riau juga merancang tagline yang melambangkan semangat dan filosofi acara tersebut.

“Tagline yang sedang disusun tentunya berdasarkan pertimbangan matang dari segala aspek seperti mendeskripsikan iven itu sendiri. Mudah diucapkan, mudah diingat, dan mencerminkan keunikan budaya Bumi Lancang Kuning yang menjadi tuan rumahnya,” kata Roni Rakhmat, Jumat (12/11/2021) di Pekanbaru.

“Dari diskusi dengan berbagai pihak, maka kami mendapatkan slogan atau kata-kata yang menjadi tagline dan sub tagline utama yaitu muara Hela tidak akan kehabisan air di cacah,” kata Roni Rakhmat.

Roni mengatakan, frasa “Muara” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai ujung, ujung, atau tempat bertemunya sungai. Mengingat Riau sendiri dialiri oleh 4 sungai besar yaitu sungai Indragiri/Kuantan, sungai Rokan, sungai Siak, dan sungai Kampar. 4 sungai ini menjadi identitas yang tak terpisahkan dari perjalanan budaya anak Melayu Riau.

“Sedangkan ungkapan ‘Hela’ adalah upaya untuk menarik energi penuh. Ketika menjadi Hela Muara, maka tersirat makna beragam orang yang bertemu di suatu tempat dan sama-sama bertekad untuk membawa perubahan yang lebih baik,” ujarnya.

Roni menuturkan, Hela Muara memenuhi unsur enak untuk dihirup, mudah diingat, sekaligus mencerminkan sungai-sungai Riau yang akhirnya saling bertemu di sebuah tempat bernama Muara.

“Sedangkan ungkapan “Tak Putus Air Dicincang” memiliki makna tekad yang kuat tentang persahabatan yang tidak putus meski pesertanya berasal dari tempat yang berbeda. Semakin kuat ketika ungkapan “Tak Putus Air Dicincang” justru digali dari filosofi Melayu,” tuturnya.

“Inilah rangkuman pemikiran yang melatarbelakangi lahirnya tagline Hela Muara, Tak Putus Air Dicincang. Semoga nilai-nilai kreativitas yang dilandasi semangat silaturahmi menjadi semangat ICCF tahun ini di Riau,” ujar Roni.

ICCF 2021 di Riau mengundang sejumlah tamu yang akan hadir yaitu, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Koperasi UKM, Teten Madsuki, Wamen Parekraf, Angela Tanusudibjo, Staf Khusus Presiden, Putri Tanjung, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, 13 bupati/walikota yang tergabung dalam jaringan kota kreatif, dan 200 penampil dari seluruh Indonesia.

ICCF tahun ini akan diselenggarakan pada 25-29 November 2021, dengan urutan acara:

Kamis, 25 November 2021

  • Kedatangan tamu undangan

Jumat, 26 November 2021

  • City Tour Pekanbaru – Siak dan makan malam serta community gathering di Planto Sungai Siak Pekanbaru.

Sabtu, 27 November 2021

  • Konferensi ICCN, Pembukaan ICCF, Helat Kenduri Riau, dan Launching Jadiin (program Kementerian BUMN untuk cinta produk lokal Indonesia). Lokasinya di Taman Wisata Alam Mayang Pekanbaru.
  • Dalam Riau Feast, akan digelar pameran dari 17 subsektor ekonomi kreatif, oleh para pelaku kerajinan di Riau, pertunjukan (musik, tari, teater, dll).
  • Kemudian, bazar kuliner, lomba stand up comedy chatter, lomba kreatif musik melayu, lomba tari kreasi melayu, pemilihan bujang dara 2021, lomba masak, dan lomba video.

Ahad, 28 November 2021

  • Konferensi ICCN dan Penutupan ICCF

Senin, 29 November 2021

  • Tamu undangan kembali ke daerahnya masing-masing.

Sumber : MC Riau
Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Pelantun lagu minang Elly Kasim meninggal dunia

rasid

Empat Agenda Pariwisata Riau Masuk Dalam Karisma Event Nusantara

rasid

Sandiaga Uno dijadwalkan kunker ke Riau, ini agendanya

rasid