Lebih Dari Sekadar Kata
Pembukaan kegiatan ICCF diresmikan secara simbolis oleh Menteri BUMN, Gubernur Riau, Staf Khusus Presiden dan pejabat lainnya dengan memukul tambur dan gendang rebana. [Foto : Mediacenterriau]

ICCF Resmi Dibuka, Erick Tohir : Kita Siap Bantu Fasilitasi Pelaku ekonomi Kreatif

Katakata.id – Provinsi Riau dipercaya sebagai tuan rumah Indonesia Creative Cities Festival (ICCF), yang diikuti lebih dari 200 kota kabupaten se-Indonesia, yang tergabung dalam Indonesia Creative Cities Network (ICCN), simpul jejaring forum lintas komunitas. kegiatan ICCF ini digelar dari 26 hingga 28 November 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rahmat, mengatakan, kegiatan ini menjadi suatu suatu kebanggaan bagi Provinsi Riau, dengan dipercayanya membuat suatu iven. Dan banyak manfaat untuk Provinsi Riau, beberapa daerah akan di ajukan sebagai salah satu kota kreatif di Indonesia, seperti halnya kota di Provinsi lain.

“Dengan dipercayanya Riau sebagai tuan tumah, tentu ini menjadi kesempatan yang mana di beberapa Kota juga proses untuk menjadi Kota kreatif seperti Kota Pekanbaru dan Siak, sudah kita usulkan juga dan dalam proses. Insya Allah dalam penyelenggaraan ini bisa menjadi atau titik tolak dalam usaha kita,” kata Roni.

“Dan dari iven ini, bagaimana kita Provinsi Riau bisa mempromosikan daerah kita, ini tempat dan ajang yang tepat dalam mempromosikan daerah kita. Baik dalam usaha ekonomi kreatifnya, juga dalam sisi pariwisatanya, dan untuk itu juga kesempatan ini jangan disia-siakan, mari kita explore apa kelebihan kita Riau ini jangan segan untuk menunjukkannya dan wadah ini kita manfaatkan,” ungkapnya.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) siap membantu memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif untuk terus berkembang. Beberapa instansi dibawah Kementerian BUMN juga sudah menyiapkan program khusus.

“Kami dari kementerian BUMN terus berkolaborasi, untuk ikut memberikan fasilitas pendukung ekonomi kreatif di Indonesia,” kata Menteri BUMN Erick Tohir saat membuka kegiatan Indonesia Creative Cities Festival (ICCF), Kenduri Riau 2021 di Alam Mayang, Pekanbaru, Jumat.

“Apalagi saat ini, terus dibangun jalan tol, tentunya hal ini akan semakin mendukung infrastruktur untuk pariwisata di Indonesia. Terutama bagi turis lokal yang tidak boleh dinomor duakan,” terang Erick Tohir.

“Berdasarkan data yang kami terima, akibat pandemi COVID-19, saat ini pariwisata di Indonesia banyak dikunjungi turis lokal. Karena itu, turis lokal saat ini tidak boleh dinomor duakan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Erick juga mengajak para pelaku ekonomi kreatif untuk terus meningkatkan kreativitas. Pihaknya juga memberikan fasilitas dari sisi pembiayaan melalui Bank BRI.

“Kemudian dari sisi teknologi, kami juga menyiapkan PT Telkom. Jadi, kami sudah menyiapkan lokomotif untuk para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia,” sebutnya.

Gubernur Riau Syamsuar mengucapkan selamat datang Indonesia Creatif Cities Network ke Pekanbaru Riau. Dalam menyampaikan sambutannya malam ini Syamsuar menggunakan pantun, menurutnya pantun merupakan warisan tak benda, jadi kita semua harus melestarikannya.

“Mencari teritip di air dangkal, Berkawan-kawan dipinggir pulau, Helat bernama Indonesia Creative Cities Festival, Dirangkai dengan Kenduri Riau,” ujar Syamsuar.

“Saga senja di awan memancar, Matahari lindap dengan perlahan, Moga seluruh acara berjalan lancar, Protokol kesehatan tetap diperhatikan,” sambungnya.

Syamsuar juga mengingatkan untuk terus menjaga protokol kesehatan agar terhindar dari covid-19. Sehingga acara Indonesia Creative Cities Festival di Riau dapat berjalan lancar.

Ketua Umum ICCN Fiki Satari dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pariwisata Provinsi Riau atas kerjasama penyelenggaraan ICCF dan Kenduri Riau sehingga berjalan dengan baik. Menurutnya ICCF tahun 2021 ini diselenggarakan dengan penuh tantangan. Pandemi belum selesai, tetapi ini tidak menyurutkan semangat dan ikhtiar seluruh jejaring komunitas kreatif.

“Secara khusus kami memberikan apresiasi kepada Gubernur Riau dan seluruh jajaran yang secara komitmen luar biasa menjadi tuan rumah yang hebat, penyelenggaraan yang luar biasa menggambarkan optimisme Indonesia segera pulih kedepan,” kata Fiki Satari.

Adapun kegiatan yang digelar ICCF 2021 di Riau yakni, konfrensi ICCN, Kenduri Riau, Peluncuran Buku Putih Kota Kreatif dan Launching Jadiin (Program Kementerian BUMN untuk cinta produk lokal indonesia). Kegiatan tersebut digelar dari 26 hingga 29 November 2021.

Pembukaan Kenduri Riau 2021 sendiri diresmikan secara simbolis oleh Menteri BUMN, Gubernur Riau, Staf Khusus Presiden dan pejabat lainnya dengan memukul tambur dan gendang rebana.

Acara Indonesia Creative Cities Festival dimeriahkan oleh penampilan Riau Rhythm, Fashion Show, Gugun Blues Shelter serta Joget Sonde. (MC Riau)

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Momen HUT ke-77 RI, Google Doodle Tampilkan Ilustrasi Pacu Jalur Kuansing Riau

rasid

Syamsuar Ajak masyarakat Dukung perwakilan Indonesia pada acara Dendang Syair

rasid

Menparekraf RI Sandiaga Uno Pakai Batik Corak Bunga Seroja, Ini Respons Bunda Nining

rasid