Lebih Dari Sekadar Kata
Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat saat mengikuti Seminar Nasional Peningkatan Ekonomi Kreatif dan Wisata Halal Masa Pandemi COVID-19 secara virtual. ( Foto : Dok. Mediacenterriau )

Ada Perubahan Strategi Pariwisata Riau, ini penjelasan Kadis Pariwisata

KataKata.id – Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat menyampaikan beberapa perubahan strategi pariwisata Provinsi Riau pada masa sebelum pandemi dan setelah adanya pandemi COVID-19 di Provinsi Riau.

Ia menjelaskan, beberapa perubahan strategi tersebut yaitu dulunya semua hotel, baik itu penginapan maupun akomodasi menyampaikan bagaimana pelayanan yang maksimal dan harga terbaik. Namun sekarang itu bagaimana mengutamakan kebersihan dari hotel, kesehatan dan ada jaminan bahwa masyarakat tidak akan tertular apabila menginap di hotel tersebut.

“Dulunya Dinas Pariwisata Riau menampilkan atraksi pariwisata dengan konsep bagaimana pariwisata semeriah mungkin, event bisa menampilkan atraksi, bagaimana semeriah mungkin,” ungkap Roni dalam acara Seminar Nasional Peningkatan Ekonomi Kreatif dan Wisata Halal Masa Pandemi COVID-19 secara virtual, Rabu (4/8/2021).

Namun sekarang ini, membatasi semua atraksi maupun event dengan melihat keadaan saat ini. Kemudian juga mengutamakan digitalisasi dan bagaimana menyampaikan pertunjukan tersebut melalui media sosial itu lebih diutamakan.

Perubahan strategi wisata selanjutnya menurut Roni adalah yang mungkin selama ini pariwisata dibuka semakin banyak hari semakin menjadi pemasukan yang luar biasa bagi masyarakat, tetapi saat ini bagaimana bisa menjaga waktu, menjaga kebersihan, menjaga kesehatan itu menjadi sistem periodik.

“Namun sekarang ini pembukaan pariwisata itu juga berdasarkan zona-zona yang sudah diterapkan oleh pemerintah,” katanya.

Adapun pihaknya telah bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata pengembangan pariwisata di Riau. pada tahun 2020 lalu sudah dilakukan penelitian dan ada lima subsektor yang populer di Provinsi Riau. Lima subsektor hasil rekomendasi Kementerian Pariwisata tersebut yaitu seni pertunjukan, kerajinan tangan atau kriya, kuliner, fesyen, musik dan film, animasi serta video.

“Sehingga arah kebijakan pariwisata Riau merujuk pada lima tersebut. Ini menjadi sasaran utama dan ingin menjadi dasar kita pada program selanjutnya,” tuturnya.

Sumber : MCRiau

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Daftar Pemenang Anugerah Pariwisata Riau 2022, Cek Apakah Daerahmu Termasuk Yang Jadi Pemenang

rasid

Exploring Baskara Bakti village, One of Unique villages in Bangka Belitung with Its Language and Culture

rasid

Kata Paisal soal geliat pembangunan tempat wisata di kota Dumai

rasid