Lebih Dari Sekadar Kata
Dosen Ilmu Pemerintahan Fisip Unri, Adli MSi [Foto : istimewa]

Dosen Fisip Unri ciptakan aplikasi pelacakan lokasi sampah

KataKata.id – Salah satu dosen Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unri, Adlin Msi menghasilkan inovasi teknologi berupa prototype aplikasi pelacakan lokasi sampah untuk kota Pekanbaru.

Prototype aplikasi ini berbasis ponsel cerdas android yang dapat di install di handpone warga pekanbaru. Warga dapat melaporkan sampah dilihatnya dimanapun lokasinya di pekanbaru, karena aplikasi ini terhubung dengan google map.

Admin akan dapat mengetahui lokasi sampah tersebut dan menyelesaikan pengakutan sampah tersebut sesuai data yang diberikan warga. Sehingga semua sampah yang tersebar diberbagai lokasi dapat diketahui dan diangkut oleh pihak terkait, sehingga terwujud pekanbaru bersih dari sampah.

Penampakan aplikasi [Foto : istimewa]

“Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Dalam aplikasi tersebut masyarakat di minta login, setelah login, masyarakat dapat melaporkan apa bentuk sampah dengan mengupload foto sampah tersebut dan menunjukkan lokasi sampah tersebut melalui peta google map,” kata Dosen Ilmu Pemerintahan Fisip Unri, Adlin kepada KataKata, Ahad (3/10/2021).

“Setelah pengisian tersebut dapat dilaporkan melalui sistem. laporan tersebut akan terdeteksi oleh admin aplikasi, mulai dari data pelapor, lokasi sampah dan lokasi. Maka dengan mudah data tersebut segera di sampaikan ke pihak di lapangan bertanggungjawab menyelesaikan masalah sampah,” jelasnya.

“Aplikasi ini lahir dari kerisauan dirinya dan kawan – kawan sebagai  ilmuwan ilmu pemerintahan yang mesti mambantu penyelesaian masalah yang dihadapi masyarakat kota Pekanbaru. Dalam hal ini permasalahan persampahan agar dapat teratasi sehingga tidak lagi menimbulkan gejolak di masyarakat,” terangnya.

Menurut Adlin, kedepan  Ilmu pemerintahan UNRI  akan terus berkomitmen untuk menciptakan inovasi inovasi dibidang pemanfaatan teknologi informasi komunikasi dalam konteks menjalankan fungsi – fungsi pemerintahan guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Pembuatan aplikasi ini berkat dukungan dana pengabdian dari fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas Riau,” ujar Adlin.

“Kedepan Ilmu Pemerintahan Unri ingin juga  bersinergi dengan DLHK kota Pekanbaru, agar pelayanan publik terkait persampahan lebih baik lagi,” tutupnya.

Reporter : Rasid Ahmad

 

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Peran dunia pendidikan pelayaran dalam menghadapi era MASS

rasid

Sempat hilang kontak, pesawat Rimbun Air ditemukan jatuh dalam kondisi hancur

rasid

Joe Biden bilang Facebook membiarkan Disinformasi, ini tanggapan Facebook

admin