Lebih Dari Sekadar Kata
Fenomena Gerhana Bulan yang terjadi hari ini. [Foto : LAPAN]

Berikut Jadwal dan Cara Melihat Gerhana Bulan 19 November 2021

Katakata.id – Gerhana Bulan menjadi salah satu fenomena astronomi yang terjadi pada 19 November 2021.

Mengutip laman resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), gerhana Bulan terjadi pada Jumat (19/11/2021) dan akan tertupi oleh umbra Bumi hingga 97,85 persen. Waktu puncak Gerhana Bulan sebagian akan terjadi pada pukul 16.02 WIB atau 17.02 WITA atau 18.02 WIT.

Gerhana berlangsung selama 3 jam 28 menit, Lapan menyebut bahwa gerhana Bulan sebagian ini menjadi salah satu yang paling lama. Gerhana Bulan sebagian atau parsial terjadi ketika Bumi tidak sepenuhnya menghalangi sinar Matahari ke Bulan.

Ketika gerhana Bulan parsial terjadi, sebagian permukaan Bulan berada di daerah penumbra dan sebagian lainnya mendapatkan sinar Matahari. Gerhana bulan jam berapa? Gerhana Bulan Sebagian ini akan dimulai dengan fase awal penumbra pada pukul 13.00 WIB atau 14.00 WITA atau 15.00 WIT.

Namun, tak ada satu pun daerah di Indonesia yang bisa menyaksikan fase penumbra karena masih berada di bawah ufuk dan belum terbit. Fase selanjutnya adalah awal sebagian yang dimulai pada pukul 14.18 WIB atau 15.18 WITA atau 16.18 WIT.

Sama halnya fase penumbra, seluruh wilayah Indonsia tak bisa menyaksikan fase awal sebagian ini. Puncak gerhana Bulan sebagian akan terjadi pada pukul 16.02 WIB atau 17.02 WITA atau 18.02 WIT. Artinya hanya sebagian wilayah di Indonesia yang bisa menikmati fase puncak gerhana Bulan sebagian ini.

Wilayah yang bisa melihat Gerhana Bulan

Wilayah yang bisa melihat gerhana bulan Fase puncak akan terlihat di Provinsi Papua Barat (kecuali Kabupaten Kepulauan Raja Ampat), Provinsi Papua, dan sebagian Provinsi Maluku (Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Kepulauan Aru).

Untuk fase akhir sebagian, akan terjadi pada pukul 17.47 WIB atau 18.47 WITA atau 19.47 WIT. Karena itu, hampir seluruh wilayah Indonesia bisa menikmati fase akhir sebagian ini

Wilayah yang dapat menyaksikan fase akhir ini adalah:

  • Pulau Papua,
  • Kepulauan Maluku,
  • Sulawesi,
  • Kalimantan,
  • Nusa Tenggara,
  • Pulau Madura,
  • Bali,
  • Sebagian Jawa,
  • Sebagian Provinsi Kepulauan Riau,
  • Provinsi Bangka Belitung.

Fase akhir sebagian dapat diamati dari arah timur-timur laut dekat gugus pleaides konstelasi Taurus. Sementara itu, fase akhir penumbra akan terjadi pada pukul 19.05 WIB atau 20.05 WITA atau 21.05 WIT. Seluruh wilayah Indonesia dapat menyaksikan fase akhir penumbra ini di arah timur-timur laut di dekat gugus pleaides konstelasi Taurus.

Cara melihat Gerhana Bulan

Cara melihat gerhana bulan Gerhana Bulan sebagian dapat disaksikan dengan mata tanpa alat bantu apa pun. Masyarakat juga bisa melihat gerhana Bulan Sebagian ini secara online melalui laman https://www.bmkg.go.id/gerhana.

Sumber : kompas.com

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Penjelasan Manajemen Terkait Penggunaan Aplikasi PLN Mobile

rasid

Prediksi BMKG Terkait Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Provinsi

rasid

Prakiraan Cuaca Hari ini di Riau Versi BMKG Pekanbaru

rasid