Lebih Dari Sekadar Kata
Pelantikan Bupati Inhu sebagai Kamabicab Gerakan Pramuka (Foto : Humas Kwarda Riau)

Rezita dilantik sebagai ketua Mabicab Gerakan Pramuka Inhu

KataKata.id – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau H M Azaly Djohan melantik Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Indragiri Hulu masa bakti 2021-2026 pada Selasa, (7/9/2021) bertempat di Gedung Dang Purnama.

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Kwarda Gerakan Pramuka Riau nomor 33 tahun 2021 tentang Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Indragiri Hulu masa bakti 2021-2026 dengan susunan Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Wakil Sekretaris dan Anggota. Pada kesempatan ini juga dilaksanakan Peringatan Hari Pramuka ke-60 tingkat Cabang Indragiri Hulu dan penganugerahan tanda penghargaan Gerakan Pramuka.

Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada H M Azaly Djohan selaku Ketua Kwarda Riau beserta rombongan yang berkesempatan hadir dalam acara ini.

Bupati Inhu Rezita dilantik Ketua Kwarda Riau H M Azaly Djohan sebagai Kamabicab Gerakan Pramuka (Foto : Humas Kwarda Riau)

“Saya selaku Ketua Mabicab Indragiri Hulu yang baru saja dilantik mengucapkan Selamat Hari Pramuka ke-60 tahun 2021 kepada seluruh anggota Pramuka,” kata Rezita.

“Pada kesempatan ini kami juga mohon doa dan dukungan dari semua Kakak kakak dan adik adik semoga kami selaku Mabicab Gerakan Pramuka Indragiri Hulu  dapat menjalankan amanah yang telah diberikan dengan baik dan penuh rasa tanggungjawab,” tambahnya.

“Perkenankanlah saya mengajak Kakak-kakak anggota dewasa untuk lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah untuk percepatan pembentukan karakter kaum muda di tengah pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

“Kita diharapkan dapat berperan menjadi duta protokol kesehatan Covid-19 di tengah masyarakat sembari mewujudkan sikap empati dan simpati kita untuk menolong sesama manusia karena diri kita, setiap individu seluruhnya adalah garda terdepan dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19,” harap Rezita.

“Mari bersama-sama kita bersinergi dengan pemerintah dengan ikut andil dalam menanggulangi Covid-19 yang dimulai dari diri pribadi kita, keluarga kita dan di tengah masyarakat dengan memberi contoh berkehidupan yang sehat sesuai protokol kesehatan, tetap kenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak,” tutupnya.

Gubernur Riau selaku Ketua Mabida yang diwakili oleh Ketua Harian Masrul Kasmy mengharapkan momentum pelantikan ini menjadi pemicu semangat kita untuk membaktikan diri guna memajukan Gerakan Pramuka di Kabupaten Indragiri Hulu.

“Tugas pokok Majelis Pembimbing adalah memberi bimbingan dan bantuan yang bersifat moral, organisatoris, materiil, finansial dan konsultasi kepada Gudep, Satuan dan Kwartir yang bersangkutan,” kata Masrul.

“Kita mesti memahami bahwa memberi bimbingan bermakna memberi arahan, saran, nasehat dan dukungan moral. memberi bantuan mengandung makna membuka jalan, mengusahakan kesempatan, fasilitas, dana serta peluang agar Gerakan Pramuka mendapat akses memperoleh bantuan dari pemerintah dan masyarakat,” terangnya.

“Terkait hal ini, tentunya diharapkan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu setiap tahunnya dapat mengalokasikan dana hibah untuk Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Indragiri Hulu,” tutup Masrul.

Ketua Kwarda Riau H M Azaly Djohan dalam sambutannya menyampaikan bahwa beliau pernah bertugas di Indragiri Hulu sebagai Pembantu Gubernur/Residen wilayah I Propinsi meliputi Inhu, Inhil dan Kampar pada tahun 1994 hingga 1997.

“Saya selaku Ketua Kwarda Riau mengucapkan selamat kepada Ibu Bupati dan Pengurus Mabicab yang baru saja dilantik, sehingga bimbingan Majelis Pembimbing baik moril, materil dan finansial kepada Kwarcab Indragiri Hulu dapat berjalan dengan baik dan lancar,” kata Azaly Djohan.

“Dan harapan saya kegiatan-kegiatan kepramukaan di Kabupaten Indragiri Hulu dapat berkembang dan berjalan baik, sejalan dengan tugas dan fungsi Majelis Pembimbing sebagaimana diatur UU RI nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan pramuka dan Petunjuk Penyelenggaraan,” ungkapnya.

“Kepada Ibu Bupati selaku Ketua Mabicab Indragiri Hulu, saya titipkan harapan untuk terus membantu dan membimbing Kwartir Cabang Indragiri Hulu sehingga proses kegiatan pendidikan kepramukaan di Kabupaten Indragiri Hulu dapat terus berjalan dengan baik sehingga anak-anak, kaum muda harapan bangsa dapat mandiri dan berakhlak serta mempunyai jiwa dan karakter serta semangat yang tinggi dalam meraih cita-citanya,” harap Azaly Djohan.

“Kepada Kwarcab Indragiri Hulu agar terus melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Mabicab setiap saat,” tutupnya.

Pelantikan dihadiri oleh Anggota Mabida Harian Riau Prof Soewardi MS, Wakil Ketua Kwarda Riau bidang organisasi dan hukum Kasiarudin, Sekretaris Kwarda Riau Indra Irianto, Pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Indragiri Hulu, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Pengurus Kwartir Cabang Indragiri Hulu, Anggota Dewan Kerja Daerah Riau, para penerima tanda penghargaan Gerakan Pramuka, Majelis Pembimbing Ranting dan Pengurus Kwartir Ranting se-Kabupaten Indragiri Hulu serta undangan lainnya.

Sumber : Rilis/IR

Editor : Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

UPZDK Permata Bank Syariah Gelar Penyaluran Beasiswa Mahasiswa Tahfidz

rasid

Kawal Demo Buruh Menolak Kenaikan BBM di DPR, Polisi Terjunkan 3.000 Personel

rasid

Kwarcab Kampar Gelar Muscab ke XIV Tahun 2022, Ini Pesan Ketua Kwarda Riau

rasid