Lebih Dari Sekadar Kata
Sekretaris Forum Zakat (FOZ) Riau M. Iqbal Farizi saat memaparkan capaian dan bidang-bidang yang ada di FOZ Riau, Ahad (10/3/2024). (Dok. istimewa)

Public Expose FOZ Riau, M. Hasbi: Ajak Media Berkolaborasi

Katakata.id – Forum Zakat (FOZ) Riau melaksanakan kegiatan Public Expose dengan mengusung tema “Sinergi dan Kolaborasi Zakat untuk Penguatan Ekonomi Riau Menuju Indonesia Emas” pada Ahad, 10 Maret 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk mengajak kolaborasi serta sinergi dengan media online di Kota Pekanbaru. Kegiatan ini dihadiri oleh IZI Riau, Rumah Zakat Riau, LAZNAS Sahabat Yatim, LAZ Swadaya Ummah, DT Peduli, Madani Human Care (MHC) Dumai serta dibersamai oleh media wartawan Kota Pekanbaru.

M. Hasbi Al Hudri selaku Ketua FOZ Riau mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai wadah ekspos dan di Riau terdapat 15 Lembaga Amil Zakat yang dikolaborasikan dalam sebuah Forum Zakat Riau.

“Kolaborasi dan kerjasama yang telah dilakukan yakni penanganan banjir, mengatasi kemiskinan ekstrim. Tidak hanya itu FOZ Riau juga menggandeng pemerintah dalam kolaborasi tersebut,” ujarnya.

M. Iqbal Farizi selaku Sekertaris FOZ Riau menambahkan Forum Zakat (FOZ) Riau terdiri dari 4 bidang yaitu bidang I Pengembangan Kapasitas dan Jaringan, bidang II Advokasi dan Pengawasan, bidang III Sinergi dan Kerjasama dan bidang IV Inovasi.

“Angka capaian Penghimpunan ZISWAF LAZ yang tergabung dalam anggota FOZ Riau sebesar 34 Miliar pada tahun 2022. Sedangkan pada tahun 2024 Penghimpunan ZISWAF LAZ yang tergabung dalam anggota FOZ Riau sebesar 47 Miliar dengan jumlah penerima manfaat 204.056 orang,” tambahnya.

Iqbal menerangkan FOZ juga telah melakukan MoU dengan Gubernur Riau dan BAZNAS Provinsi Riau dalam hal pengentasan kemiskinan ekstrim di Provinsi Riau.

“Selain itu ada program kampung zakat di Provinsi Riau telah dilaksanakan di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti,” terangnya.

Ia menargetkan program kampung zakat selanjutnya adalah di Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Rokan Hulu.

“Tujuannya adalah bahwa seluruh BAZNAS baik provinsi,kabupaten kota serta LAZNAS dapat diarahkan untuk mengalokasikan dana zakat di tempat tersebut,” ungkapnya.

“Selain itu juga agar meningkatkan gairah masyarakat untuk membayar zakat,” pungkas Iqbal. (Rls/Dwi/RA)

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Cipayung Plus Gelar FGD Bahas Solusi BBM, Kapolda Riau: Bisa Jadi Role Model

rasid

Pangkalan SMPN 9 Kandis Raih Juara Umum di Perkemahan Peta Bekasi

rasid

Fosil Berdiskusi dan Pembubaran Panitia Kemudi 2023 Sukses Digelar

rasid