Lebih Dari Sekadar Kata
Pertagas meresmikan Sarana Air Bersih di Area Masjid Istiqomah Kepenghuluan Teluk Berembun ,Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, Kamis (7/3/2024). (Dok. istimewa)

Pertagas Resmikan Sarana Distribusi Air Bersih di Rokan Hilir

Solusi Masalah Air

Katakata.id – Pertagas meresmikan Sarana Air Bersih di Area Masjid Istiqomah Kepenghuluan Teluk Berembun ,Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, Kamis (7/3/2024).

Pertagas bekerjasama dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Riau sebagai Pelaksana Program CSR Pertagas. Kegiatan peresmian ini dihadiri oleh Kaur Umum Kepenghulan Teluk Berembun, Aparatur Kepenghuluan, Perwakilan IZI Riau, pengurus Masjid Istiqomah , Bhabinkamtibmas dan warga Kepenghuluan Teluk Berembun.

Keberadaan sarana air bersih sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar yang selama ini mengalami kesulitan dalam mengakses air bersih baik untuk kebutuhan sehari hari maupun untuk tempat ibadah.

Pertagas melalui unit usahanya Operation Rokan Area (ORA) bekerja sama dengan Pemerintah Desa, Ketua RT, dan Tokoh Masyarakat setempat dalam pembangunan sarana distribusi air bersih ini. Mulai dari penentuan lokasi sumber mata air, pembangunan infrastruktur, hingga penyaluran air bersih, semua dilakukan dengan kolaborasi yang erat.

Sarana Distribusi Air Bersih yang dibangun menyalurkan air bersih untuk 55 rumah warga serta masjid setempat. Masjid yang sebelumnya mengalami masalah dengan kualitas air yang tidak memadai, kini akan mendapatkan pasokan air bersih.

Dewi , Kaur Umum Kepenghuluan Teluk Berembun, menyambut baik dukungan Pertagas ORA yang membangun sarana distribusi air yang sangat bermanfaat bagi warga .

“Kami sangat berterima kasih atas adanya sarana distribusi air bersih ini. Kami, selaku masyarakat, berkomitmen untuk menjaga sarana ini dengan baik karena kami sadar akan manfaat besar yang diberikannya kepada kami. Saya juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam menjaga pipa Pertamina yang melintasi Desa kita, karena ini adalah aset bersama kita,” ujar Dewi.

Pertagas ORA yang diwakili Verry Yogie Aipassa sebagai Officer Environment menyampaikan bahwa dukungan Pertagas kali ini menyentuh kebutuhan air bersih bagi warga yang berada dalam satu wilayah Kepenghuluan yang dilintasi ROW Jalur Pipa Segmen 7 North Area.

“Kami berharap bantuan Pertagas dapat membantu warga mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari hari dan juga keperluan ibadah di Masjid,” tutur Verry.

Terpisah, Head of External Relation West Region, Diana Santi mengatakan bahwa Pertagas terus konsisten dalam melaksanakan program CSR yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama dalam mengatasi permasalahan air bersih yang dibutuhkan warga terutama sekitar area operasional Pertagas.

“Pertagas berkomitmen untuk berperan aktif dalam mengatasi permasalahan air, yang merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat. Kami yakin bahwa dengan terpenuhinya kebutuhan akan air bersih, akan tercipta dampak yang signifikan dalam pembangunan sosial dan ekonomi,” tutur Diana.

Program ini merupakan bagian dari komitmen Pertagas dalam mendukung aspek Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) terutama pada tujuan ke-6 yaitu air bersih dan sanitasi yang layak.

Selain itu, kegiatan ini juga selaras dengan prinsip perusahaan yang mengepankan aspek Enviromental, Social, dan Governance (ESG) dalam pelaksanaan proses bisnisnya untuk memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar area operasi Pertagas, khususnya area Pertagas ORA yang mengoperasikan pipa penyaluran minyak mentah yang membentang di lima Kabupaten Provinsi Riau termasuk di Kabupaten Rokan Hilir.

PT Pertamina Gas (Pertagas) sebagai salah satu afiliasi Sub Holding Gas Pertamina memberikan solusi bagi masalah kesulitan air bersih dengan Program CSR Sarana Air Bersih. Bertempat di area Masjid.(Rls/RA)

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Ramadhan Penuh Berkah, TLCI Chapter #2 Riau Kembali Berbagi, Sasar Panti Asuhan Al Istiklal

rasid

Waka Kehumasan dan Informatika Kwarda Pimpin Rapat Persiapan  Duta Pramuka Riau 2023

rasid

Rakor Binamuda se-Daerah Riau Bahas Pramuka Garuda dan Pembinaan Sako

rasid