Lebih Dari Sekadar Kata
PT Pertamina Gas (Pertagas) sebagai salah satu afiliasi Sub Holding Gas Pertamina meresmikan Rumah Keramba Jaring Apung yang dibangun di tepian Sungai Tapung Desa Kotagaro Kabupaten Kampar pada Senin (4/3/2024). (Dok. istimewa)

Pertagas Resmikan Rumah Keramba Jaring Apung Budidaya Ikan Air Tawar

Katakata.id – PT Pertamina Gas (Pertagas) sebagai salah satu afiliasi Sub Holding Gas Pertamina meresmikan Rumah Keramba Jaring Apung yang dibangun di tepian Sungai Tapung Desa Kota Garo Kabupaten Kampar pada Senin (4/3/2024).

Dengan dibangunnya Rumah Keramba Apung ini diharapkan dapat mendukung penguatan usaha Kelompok Nelayan Lubuk Patin dalam upaya meningkatkan hasil produksi tangkapan.

Acara peresmian sekaligus menyebaran bibit ikan dilaksanakan secara lesehan di tepi sungai Tapung ini dihadiri oleh Pjs GM Operation West Region (OWR), Asisten III Administrasi Umum Setda Kabupaten Kampar, Camat Tapung Hilir, Pj Kades Kota Garo, Penyuluh Perikanan, Tim Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Riau, Perwakilan Ninik Mamak 4 Suku Kenegerian Kotagaro dan Kelompok Nelayan Lubuk Patin.

Pertagas melalui unit usahanya, Operation Rokan Area (ORA) bekerja sama dengan Pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat, Datuk, Ninik Mamak, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perikanan setempat serta Laznas IZI Riau yang ditunjuk sebagai pelaksana program CSR Pertagas ORA dalam pembangunan Rumah Keramba Apung ini.

Pertagas ORA merupakan unit operasi di Provinsi Riau yang mengelola pipa transmisi dengan penyaluran minyak mentah sekitar 160.000 bopd.

Dalam menjalankan operasinya, wilayah kerja Pertagas ORA bersentuhan langsung dengan masyarakat di 5 Kabupaten termasuk Kabupaten Kampar dan stakeholder lainnya.

Keberadaan Rumah Keramba Apung ini sangat bermanfaat untuk Kelompok Nelayan Lubuk Patin yang terdiri dari 20 orang yang dipimpin oleh Ketua Kelompok.

“Kami sangat berterima kasih atas dibangunnya Rumah Keramba Jaring Apung ini dan akan menjaga sarana ini dengan baik karena kami sadar akan manfaat besar yang diberikannya Pertagas ORA kepada kami sebagai Perusahaan Pertama yang memperhatikan kelompok nelayan disini,” kata Ketua Kelompok, Cevendri.

“Saya juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam menjaga pipa Pertagas yang melintasi Kabupaten kita ini , karena ini adalah aset bersama kita,” ajaknya.

Penjabat Sementara GM OWR Agus Mukorobin menyampaikan bahwa dukungan Pertagas ini menyentuh kebutuhan kelompok nelayan.

“Kami berharap rumah keramba jaring apung dari CSR Pertagas ini dapat membantu kelompok nelayan Lubuk Patin dalam aktifitasnya sehari hari dan diharapkan dapat meningkatkan hasil tangkapan,” tutur Robin.

Sementara itu Head of External Relation West Region, Diana Santi yang ikut menghadiri acara tersebut menyatakan bahwa Pertagas terus konsisten dalam melaksanakan program CSR yang dapat memberikan manfaat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat yang akan menghasilkan masyarakat yang mandiri.

“Pertagas berkomitmen menjalankan bisnis Perusahaan senantiasa mengedepankan Environmental, Social, Governance (ESG) dengan tumbuh bersama masyarakat melalui program CSR khususnya program bidang ekonomi yang berkolaborasi dengan pihak terkait sehingga diharapkan nantinya akan ada peningkatan ekonomi warga,” kata Diana.

Program CSR Pertagas ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) pada pilar ke 8 yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. (Rls)

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Pusat Tunjuk Muflihun Pj Walikota Pekanbaru dan Kamsol Pj Bupati Kampar

rasid

Bagi Takjil Kepada Pengguna Jalan, Ditlantas : Kita Mengimbau Masyarakat Tertib Berlalu Lintas

rasid

Riau Masuk Tiga Besar Temuan BPK Untuk Indonesia Bagian Barat

rasid