Lebih Dari Sekadar Kata

Infa : media sosial memperkuat demokrasi

KataKata.id – Perkembangan Media sosial dan Demokrasi akhir – akhir ini menjadi perbincangan hangat berbagai kalangan. tak terkecuali pengamat komunikasi, praktisi komunikasi dan dosen komunikasi di berbagai perguruan tinggi yang ada di tanah air.

Media sosial ternyata membawa pengaruh yang luar biasa bagi kehidupan demokrasi.

“Banyak kebijakan yang terpengaruh dengan iklim dan trend di media sosial. Pengaruh media sosial yang begitu masif ini tentu menarik untuk dikaji lebih dalam mengingat begitu besarnya kekuatan yang dimiliki dan banyaknya kelompok kepentingan yang memainkan peran signifikan dalam wadah media sosial di dunia maya, kata Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau, Infa Wilindaya saat menjadi narasumber literasi digital Bekal melawan kejahatan Radikal melalui zoom meeting, Jumat (10/9/2021).

“Media sosial telah menjadi kekuatan baru dalam pembentukan ranah publik dewasa ini. dibandingkan media konvensional, media sosial memiliki potensi yang lebih besar dalam produksi dan persebaran informasi secara lebih egaliter,” terangnya.

“Dengan kemampuan demikian, media sosial tentunya dapat berperan dalam penguatan demokratisasi dengan mengemansipasi publik untuk mengakses ranah publik. Melalui analisis terhadap ranah publik yang terbentuk, kita dapat melihat dengan jernih relasi antara media sosial dengan demokratisasi,” jelas Infa.

Mengenai fakta penggunaan media sosial dalam demokrasi ternyata mampu menyediakan saluran partisipasi yang cukuf efektif.

Infa menjelaskan pertama, media sosial menyediakan ruang komunikasi, interaksi dan informasi antara penggunanya sehingga membuat pemilih dapat memanfaatkannya untuk menggalang dukungan dengan lebih mudah. Kedua, dengan adanya medsos dan semakin banyaknya alternatif saluran partisipasi politik maka, semakin memperkuat demokrasi dan berpotensi meningkatkan kualitasnya.

Dikatakan Infa, memang saat ini kita sudah memasuki masa digital yang berarti bahwa gaya hidup manusia tergantung pada internet. hal ini juga bisa disebut sebagai globalisasi.

“Globaliasi yang memudahkan kita dalam mengakses informasi yang membuat dunia menjadi tidak ada batasan saat ini,” katanya.

“Kehadiran media sosial saat ini dapat membuat masyarakat semakin terbuka akan segala hal yang memudahkan aktivitasnya dan juga terhadap kinerja pemerintah dan mampu menjadi sarana untuk menyampaikan pendapatnya melalui media sosial dan dapat diakses oleh seluruh kalangan masyarakat,” papar Infa.

“Akan tetapi dengan semakin masifnya perkembangan media sosial dapat juga kita temui beberapa hal yang bersifat negatif dan bisa menimbulkan perbuatan melawan hukum,” sambungnya.

“Maka dari itu kita perlu literasi digital yang memadai,” tutup Infa.

Reporter : Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Keroncongantar kunjungi kantor ACT Riau

rasid

Terpilih Secara Aklamasi, Jamaluddin Pimpin Kwarcab Siak 2023-2028

rasid

Lepas Kontingen Perkemahan Wirakarya Nasional, Gubri: Jaga nama baik Riau

rasid