Lebih Dari Sekadar Kata
Ketua Kwarda Riau H M Azaly Djohan menyerahkan piagam penghargaan kepada Kwarcab se-Daerah Riau pada pembukaan Rakerda, (15/9) di hotel Fox Pekanbaru ( Foto : Dok. Humas Kwarda Riau)

Buka Rakerda, Ketua Kwarda Riau ingatkan pentingnya Pramuka Garuda dan Saka

Kakata.id – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Gerakan Pramuka Riau tahun 2021 resmi dibuka oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Riau H M Azaly Djohan pada Rabu malam, (15/9/2021) bertempat di hotel Fox Pekanbaru.

Pada pembukaan kegiatan Rakerda diserahkan penghargaan kepada seluruh Kwartir Cabang atas peran sertanya dalam Bulan Bakti Pramuka tahun 2021.

Ketua Panitia Penyelenggara Aprizal dalam laporannya menyampaikan bahwa sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, Rakerda dilaksanakan setiap tahun sekali sebagai langkah pengendalian operasional Kwartir.

“Tujuan diselenggarakan Rakerda ini adalah untuk menginformasikan pelaksanaan program kerja Kwarda tahun 2021 dan memperoleh masukan dan saran dari Kwartir Cabang untuk menyusun program kerja Kwartir Daerah Riau tahun 2022 sehingga diharapkan program kerja Kwartir Cabang dapat menyesuaikan dengan program di Kwartir Daerah dan Kwartir Nasional,” kata Aprizal.

“Rakerda dilaksanakan pada tanggal 15-17 September 2021, diikuti oleh Kwartir penyelenggara dan utusan Kwartir Cabang se-Daerah Riau, di mana setiap Cabang mengirimkan jumlah peserta sebanyak 3 orang,” terangnya.

Ketua Kwarda Riau H M Azaly Djohan dalam arahannya menyampaikan bahwa tahun 2021 adalah tahun kedua masa bakti Kwarda Riau 2019-2024, tentunya telah banyak program-program yang telah dilaksanakan dan dijalankan oleh Pengurus Kwarda Riau.

“Dengan segala kemampuan dan kendala yang dihadapi oleh Pengurus, terutama masalah situasi dan kondisi pandemi Covid-19, Insha Allah situasi dan kondisi tersebut kita hadapi bersama sehingga pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka terus berjalan,” kata Azaly Djohan.

“Penyusunan program kerja Gerakan Pramuka Riau tahun 2022 diharapkan dapat sejalan dan searah dengan program Gerakan Pramuka Kwartir Cabang se- Daerah Riau,” harapnya.

“Sehingga adanya sinkronisasi antara program kerja Kwarnas dengan Kwarda serta jajaran di bawahnya, baik Kwarcab, Kwarran, Gudep maupun Satuan Karya Pramuka,” ujar Azaly.

“Ke depan tugas yang diemban oleh Gerakan Pramuka sangatlah berat, apalagi telah dicanangkannya revitalisasi dan ekstra kurikuler wajib di setiap sekolah dalam tubuh Gerakan Pramuka,” terangnya.

“Untuk itu diperlukan program-program yang mampu menjawab tantangan tersebut. Program kegiatan yang baik, bermutu dan kreatif yang langsung bersentuhan langsung dengan peserta didik,” kata Azaly Djohan.

“Dan tentunya menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pandemi yang kita hadapi saat ini,” sambungnya.

“Yang kita harapkan adalah adik-adik kita bisa menjadi orang yang tepercaya dan bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Menurut Azaly, peserta didik kita harus terus didorong untuk menjadi Pramuka Garuda dan kita juga harus mengaktifkan dan menggiatkan kegiatan Satuan Karya Pramuka sehingga adik-adik khususnya Pramuka Penegak dan Pandega dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan.

Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak yang banyak membantu program Kwartir Daerah Riau dalam upaya membina dan mengembangkan kegiatan Kepramukaan di daerah ini.

“Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, Selamat mengikuti Rakerda, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Rakerda Gerakan Pramuka Riau tahun 2021, dengan ini saya buka dengan resmi,” ucapnya.

Hadir saat pembukaan, Sekretaris Mabida Riau Indrawansyah, Bendahara Mabida Harian H Amrin Am, Anggota Mabida Harian Prof Soewardi MS, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau Rosdi, Ketua Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarda Riau Toni Werdiansyah dan undangan lainnya.

Sumber : Rilis/IR

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Sekda Riau bahas rencana Anggaran Pramuka Riau 2022

rasid

Polda Riau dan WMPR susur sungai bagikan sembako ke masyarakat terdampak Covid-19

rasid

Risma hentikan bantuan sosial tunai warga terdampak pandemi

rasid