Lebih Dari Sekadar Kata
Wakil Bupati selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Siak Husni Merza memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Musyawarah Cabang (Mucab) V Gerakan Pramuka Siak, Rabu (15/3/2023) di Hotel Winaria Siak Sri Indrapura. (Dok. Humas Kwarda Riau)

Buka Mucab V Gerakan Pramuka Siak, Ini Pesan dan Harapan Bupati Siak

Katakata.id – Bupati Siak diwakili oleh Wakil Bupati selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Siak Husni Merza memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Musyawarah Cabang (Mucab) V Gerakan Pramuka Siak, Rabu (15/3/2023) di Hotel Winaria Siak Sri Indrapura.

Dalam sambutan tertulis Bupati yang dibacakan oleh Husni Merza, ia menyampaikan dalam kehidupan berorganisasi, forum musyawarah merupakan satu kewajaran dan keharusan, dalam menentukan tujuan organisasi. Sama halnya dengan Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Siak ini, yang menjadi forum tertinggi untuk merumuskan rencana program lima tahun kedepan.

“Kami Pemerintah Kabupaten Siak berpesan program – program dan kegiatan yang akan ditentukan hari ini, selain memperhatikan situasi dan kondisi yang sangat dinamis saat ini, serta memperhatikan keselarasan dengan program- program Pemerintah Kabupaten Siak,” kata Husni Merza.

“Kami Pemerintah Kabupaten Siak menyambut baik terselenggaranya musyawarah cabang ini. Jadikan acara ini sebagai momen refleksi, atas pelaksanaan program pada periode kepengurusan sebelumnya, serta memunculkan inovasi dan terobosan baru dalam perencanaan program selanjutnya. Perlu diciptakan kegiatan-kegiatan kepramukaan yang telah dimodifikasi agar sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini, namun tidak mengurangi maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan,” jelasnya.

Selanjutnya, Husni menjelaskan kondisi pasca pandemi mengharuskan kita untuk berinovasi, dan mengembangkan alternatif cara pelaksanaan kegiatan. Oleh karena itu, pelaksanaan kegiatan kepramukaan sudah seharusnya memperhatikan protokol kesehatan, sehingga diperlukan formulasi baru atas tata cara pelaksanaan kegiatan, yang menjamin keamanan dan keselamatan peserta namun tidak mengurangi esensi kegiatan itu sendiri.

“Maksimalkan penggunaan teknologi komunikasi dalam pelaksanaan kegiatan kepramukaan, sehingga akan meminimalisir mobilitas anggota pramuka. Penggunaan teknologi harus dipahami secara menyeluruh, untuk memaksimalkan penggunaannya dalam kegiatan kepramukaan,” ujar Husni.

Melalui kegiatan ini, ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Siak mengajak Kakak-kakak yang hadir di Mucab V Siak untuk bersedia menjadi Duta perubahan perilaku, untuk memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, atas penerapan protokol kesehatan yang benar, serta penerapan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

“Berikan sosialisasi kepada masyarakat, untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan,” pintanya.

Husni menambahkan agar Gerakan Pramuka di Kabupaten Siak turut berperan membantu pemerintah dalam menurunkan angka inflasi, angka stunting dan kemiskinan ekstrim melalui program-program yang akan disusun oleh peserta Mucab.

Ia mencontohkan misalnya melalui program Satuan Karya Pramuka diantaranya Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Bakti Husada dan lainnya.

Husni mengungkapkan sebagaimana sebuah organisasi yang sehat, proses pergantian kepemimpinan dan kepengurusan adalah hal yang wajar dan dinamis. Melalui pergantian kepemimpinan ini diharapkan terpilih pemimpin yang responsif, kredibel ,serta inovatif sesuai perkembangan situasi dan kondisi yang sangat dinamis ini.

“Maka, silahkan memilih Ketua yang baru yang kompeten, sehingga kegiatan dan program pada periode mendatang dapat terlaksana dengan baik. Kepada siapapun nanti yang terpilih menjadi Ketua Kwartir Cabang 09 Gerakan Pramuka Siak masa bakti 2023-2028, saya berpesan untuk melaksanakan kepemimpinan dengan penuh tanggung jawab. Nahkodai organisasi sesuai Pancasila, UUD 1945, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” pesannya.

“Ucapan terimakasih kepada Pengurus Kwartir Cabang 09 Gerakan Pramuka Siak masa bakti 2018-2023 yang telah melaksanakan tugas dan pengabdian dalam menjalankan program kegiatan seperti Akreditasi Gugusdepan, Lomba Gugusdepan Ramah Lingkungan, Kursus Pelatih Tingkat Dasar, Pramuka Garuda, Kwartir Ranting Tergiat, Gugusdepan Tergiat, KPDK Cabang, Lomba Tingkat III Regu Pramuka Penggalang, Pesta Siaga serta kegiatan lainnya,” ucapnya.

Berbagai prestasi diraih oleh Kwarcab Siak selama masa bakti 2018-2023 diantaranya tahun 2021 Kwartir Cabang Siak terpilih sebagai Kwartir Cabang pelopor Gugusdepan Ramah Lingkungan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, tahun 2022 Kwartir Cabang Siak menjadi pemenang I Gugusdepan Ramah Lingkungan tingkat Kwartir Daerah 04 Gerakan Pramuka Riau yang diwakili oleh Pangkalan SMP Negeri 3 Tualang.

Pembukaan Mucab V ditandai dengan pemasangan tanda peserta oleh Wakil Bupati Siak dan Ketua Kwarda Riau kepada perwakilan peserta Mucab.

Sementara itu, Ketua Panitia Mucab V Gerakan Pramuka Siak Kak Kadri melaporkan Mucab dilaksanakan tanggal 15-16 Maret 2023 bertempat di Hotel Winaria dengan jumlah peserta 64 orang yang berasal dari utusan Kwarcab dan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka se-Kabupaten Siak. Tema yang diangkat pada Mucab V adalah “melalui Musyawarah Cabang V tahun 2023, kita mantapkan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter muda di Kwartir Cabang Siak”.

Hadir pada saat acara pembukaan Ketua Kwarda Riau Kak Kasiarudin, Wakil Ketua Kwarda Riau bidang organisasi, hukum dan bela negara Kak Riza Pahlefi, Ketua Harian Kwarcab Siak Kak Jamaluddin, perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Siak, Sekretaris Kwarcab Siak Kak Mahadar, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pengurus Kwarcab Siak, LPK Kwarcab Siak. Mabisaka dan Pimsaka Tingkat Cabang Siak, Pimpinan Sako Ma’arif NU, Peserta Mucab, DKC Siak dan undangan lainnya. (Rls)

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Kawal Demo Buruh Menolak Kenaikan BBM di DPR, Polisi Terjunkan 3.000 Personel

rasid

Pertagas Kembangkan Budidaya Lebah Madu Trigona di Kandis

rasid

Pengurus Mabi Gugusdepan SDN 007 Sidomulyo Dilantik, Ini Harapan Ka Kwarran Lirik

rasid