Lebih Dari Sekadar Kata
Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Provinsi Riau awal bulan ini menfasilitasi kepulangan 40 orang pekerja migran Indonesia. (Dok. istimewa)

BP3MI Riau Fasilitasi Kepulangan 40 Pekerja Migran Indonesia 

Katakata.id – Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Provinsi Riau awal bulan ini menfasilitasi kepulangan 40 orang pekerja migran Indonesia.

Puluhan PMI balik melalui Pelabuhan Dumai, yang dipulangkan melalui proses pemulangan dan deportasi.

“Sebanyak 40 PMI kita pulangkan pada Senin tanggal 1 April bulan ini,” kata Kepala BP2MI Riau Fanny Wahyu Kurniawan, Selasa (2/4).

Sebelumnya di bulan Maret, pihaknya juga memfasilitasi kepulangan lebih kurang 800 PMI dari Malaysia.

“Seluruh PMI yang dipulangkan telah melewati masa hukuman terkait beberapa pelanggaran,” jelas Fanny.

Terkait pemulangan 40 PMI, BP3MI Riau melalui P4MI Kota Dumai berkoordinasi dengan stakeholder terkait di Pelabuhan Kota Dumai terkait Tindak Lanjut surat dari KJRI Johor Bahru dengan nomor : 0703/WN/B/3/2024/06 Perihal : Permohonan Bantuan Penanganan Pemulangan Deportasi 40 WNI/PMI Tujuan Dumai, Senin 01 April 2024.

Sempat terkendala, pemulangan 40 PMI menggunakan Kapal Indonal Empire, akhirnya tiba sekitar pukul 16.05 WIB.

Selanjutnya, setelah tiba petugas lalu melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen oleh Petugas Imigrasi Kota Dumai dan juga Pemeriksaan dan Penanganan awal kesehatan oleh Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan.

“Saat pemulangan Bea Cukai Pelabuhan Dumai ikut melayani Pembukaan IMEI Handphone kepada PMI Terkendala,” jelas Fanny.

Pemulangan ini, lanjut Fanny, dilakukan BP3MI Riau melalui P4MI Kota Dumai melaksanakan Pelayanan, Pelindungan, Fasilitasi serta Pemberian Informasi kepada 40 Orang Pekerja Migran Indonesia Terkendala.

“Bagi PMI yang terkendala dibawa ke Rumah Ramah Pekerja Migran Indonesia di P4MI Kota Dumai untuk dilakukan Pendataan, Pelayanan, Pelindungan serta Fasilitasi menunggu dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing,” sebut Fanny.

Fanny merincikan, sebanyak 40 PMI yang di pulangkan ke daerah asalnya, antara lain 13 orang ke NTB. Satu orang ke Jambi, sembilan ke Jatim, empat ke Sumut.

Seterusnya, tiga ke Riau, satu ke Jabar, enam ke Aceh, satu ke Jateng dan dua ke Lampung.

Fanny menginformasikan, bahwa langkah-langkah yang dilakukan BP3MI Riau menyambut arus kepulangan PMI dari luar negeri yakni BP3MI Riau telah mempunyai Helpdsk Layanan di Bandara SSK II Pekanbaru dan Pelabuhan Internasional Dumai.

Kemudian, BP3MI Riau telah menugaskan petugas yg stby di Bandara dan Pelabuhan Dumai ,serta siap 24 jam menerima layananan pengaduan.

“Untuk informasi, kami menyiapkan dua nomor Helpdsk 0811-7511-1011 dan 0811-7511-2011,” jelas Fanny.(Rls/HBN)

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Kwarcab Inhu gelar Rakor Pelatih, Ka Kwarcab Minta Peran Pelatih Ditingkatkan Lagi

rasid

Vokalis Band Efek Rumah Kaca Resmi Gabung KontraS, Berikut Sosoknya

rasid

Pengusaha Migas Terbesar di Indonesia Arifin Panigoro Wafat

rasid