Lebih Dari Sekadar Kata
Ilustrasi Hari Sumpah Pemuda. [Foto : Internet]

Berikut ucapan dan Qoute Hari Sumpah Pemuda Cocok Buat Kamu Posting di Medsos

KataKata.id – Menjelang peringatan Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, qoute maupun kata-kata bijak dari tokoh bangsa cocok kamu bagikan di dunia maya, berikut ucapan sumpah pemuda yang bisa kamu posting dirangkum dari hops.id.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda merupakan salah satu momentum yang menjadi tonggak perjuangan bangsa Indonesia dalam mengggapai kemerdekaan.

Oleh sebab itu, peringatan Sumpah Pemuda jadi waktu yang tepat bagi bangsa kita untuk menilik kembali persatuan di atas segala keberagaman Indonesia.

Berdasarkan catatan sejarah Indonesia, Sumpah Pemuda lahir dalam sebuah pertemuan yang disebut sebagai Kongres Pemuda II pada tanggal 28 Oktober 1928.

Namun ternyata, dua tahun sebelum lahir Sumpah Pemuda, telah dibuat pula Kongres Pemuda I yang dilaksanakan pada tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926.

Kongres Pemuda pertama dilaksanakan di Jakarta yang kala itu masih bernama Batavia, dengan tujuan untuk memperjuangkan persatuan bangsa Indonesia dengan membuat suatu wadah pusat yang menghimpun seluruh perkumpulan pemuda daerah.

Perhimpunan itu dilatarbelakangi belum adanya rasa persatuan yang kuat dan masih banyaknya perbedaan pandangan, Kongres Pemuda I ini tidak membuahkan hasil.

Maka dari itu, tercetuslah kongres lanjutan yang dinamai Kongres Pemuda II yang menghasilkan tiga butir Sumpah Pemuda.

Pada momen bersejarah yang sangat penting kala itu Sumpah Pemuda menjadi titik balik semangat para pemuda bangsa dalam melawan cengkeraman kolonialisme.

Nah supaya semangat persatuan tak kunjung padam, kita bisa ikut ambil bagian untuk menyemarakannya, salah satunya dengan membagikan ucapan Sumpah Pemuda, beserta quotes dan kata-kata bijak tokoh bangsa yang menggelorakan tentang cinta tanah air di jejaring media sosial.

Dengan demikian, bisa jadi pengikut kamu di jejaring media sosial tergerak hatinya untuk ikut melestarikan cita-cita tokoh pergerakan nasional dengan tetap menjaga harmonisasi dalam perbedaan bermasyarakat.

Berikut kumpulan ucapan Sumpah Pemuda, beserta quotes dan kata-kata bijak tokoh bangsa yang cocok untuk mengobarkan semangat pemuda dalam menjaga persatuan dan cinta tanah air:

Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno

“Jika kita memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu mewujudkannya.”

“Negeri ini, Republik Indonesia, bukanlah milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu kelompok etnis, bukan juga milik suatu adat-istiadat tertentu, tapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!”

“Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia.”

“Berikan aku sepuluh pemuda, akan ku goncangkan dunia.”

“Entah bagaimana tercapainya persatuan itu, entah bagaimana rupanya persatuan itu, akan tetapi kapal yang membawa kita ke Indonesia Merdeka itulah Kapal Persatuan adanya.”

“Apa kekurangan kita? Kekurangan kita adalah kurangnya percaya diri sebagai bangsa sehingga kita menjadi penjiplak luar negeri dan kurang memercayai satu sama lain.”

“Ikrarkanlah ikrar sumpah pemuda dengan hati dan anggota badan yang akan menjadi bukti dan raihlah kemerdekaan Indonesia yang sejati.”

“Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.”

“Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam.”

“Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.”

Quotes cocok untuk ucapan Sumpah Pemuda dari beberapa tokoh lain:

“Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda.” -Aktivis kemerdekaan, Tan Malaka.

“Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali.” -Aktivis kemerdekaan, Tan Malaka.

“Akuilah dengan yang putih bersih, bahwa kamu sanggup dan mesti belajar dari orang Barat. Tapi kamu jangan jadi peniru orang Barat, melainkan seorang murid dari Timur yang cerdas, suka memenuhi kemauan alam dan seterusnya dapat melebihi kepintaran guru-gurunya di Barat.” -Tan Malaka.

“Kalian pemuda, kalau kalian tidak punya keberanian, sama saja dengan ternak karena fungsi hidupnya hanya beternak diri.” -Penulis, Pramoedya Ananta Toer.

“Indahnya dunia ini jika pemuda masih tahu perjuangan!” -Penulis, Pramoedya Ananta Toer.

“Bukankah tidak ada yang lebih suci bagi seorang pemuda daripada membela kepentingan bangsanya?” -Penulis, Pramoedya Ananta Toer.

“Kalau ingin melakukan perubahan jangan tunduk terhadap kenyataan, asalkan kau yakin di jalan yang benar maka lanjutkan.” -Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

“Saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hormati perbedaan dan kemajemukan yang ada di Indonesia.” -Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

“Pemuda hari ini harus turun tangan, berkarya nyata menjawab semesta Indonesia.” -Jurnalis, Najwa Shihab.

“Pemuda masa silam menggelorakan kehendak bersatu, hari ini rayakanlah Indonesia tanpa ragu.” -Jurnalis, Najwa Shihab.

“Hanya pemuda sederhana. Yang kecemerlangannya muncul lewat senandung yang ia hafalkan, terlihat dalam cahaya yang terpancarkan dari sepasang mata. Kecemerlangan yang terlihat bagai matahari perlahan muncul, atau menghilang di kaki langit.” -Penulis, Sinta Yudisia.

“Bung Karno berkata: ‘Berikan aku sepuluh pemuda dan aku akan mengguncang dunia.’ Dia tidak berkata bahwa 9 dari 10 pemuda itu buta huruf. Itulah sikap optimis bangsa yang harus kita miliki saat ini.” -Gurbenur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Pemuda harus punya visi yang jauh ke depan. Misalnya, 20 tahun ke depan akan menjadi apa. Untuk bisa mewujudkan visi itu, pemuda harus punya tiga gesit. Yaitu, gesit otak, gesit tangan, dan gesit gaul.” -Ahli Ekonomi, Rizal Ramli.

Ucapan Sumpah Pemuda dari tokoh lain serta contohnya

Selamat Hari Sumpah Pemuda 2021. Wahai generasi muda penerus bangsa, apakah kalian sudah merasa merdeka, jika uang jajan masih ditanggung orang tua?

Wajar geram korupsi merajalela. Tapi sudahkah kalian berkaca. Wahai para pemuda penerus bangsa. Jabatanmu kini jasa atas nama orang tua.

Mau jadi apa Indonesia? Jika pemudinya cuma hobi posting sosial media? Selamat Hari Sumpah Pemuda 2021.

Selamat Hari Sumpah Pemuda 2021. Semoga cita-cita para pemuda Indonesia terwujud.

“Kemajuan suatu bangsa terletak di genggaman para pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda, wahai generasi emas.”

“Sumpah Pemuda bukan sekadar teks sejarah, tetapi seperti kepalan tangan berlumuran darah. Meski merasa sakit, tetap banggalah mengatakan ‘saya Indonesia’. Selamat hari Sumpah Pemuda. Semoga semangat juang para pemuda 92 tahun lalu tidak akan pernah lekang oleh waktu.”

Apapun warna kita, perbedaan dalam memilih adalah kekayaan keberagaman kita jangan jadikan alasan perbedaan menjadi salah satu perpecahan, suarakan hati terikan Sumpah Pemuda dulu jangan hanya memperingati saja.

Kobarkan semangat juang para pemuda untuk persatuan Indonesia. Selamat hari Sumpah Pemuda.

Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan (Bung Karno). – Selamat Hari Sumpah Pemuda.

“Kita harus bangga terlahir sebagai Indonesia. Bertanah air, berbangsa, dan berbahasa Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda.”

“Indonesia butuh generasi kuat dan tangguh. Indonesia butuh generasi yang punya tekad memajukan negeri. Selamat Hari Sumpah Pemuda.”

Selamat Hari Sumpah Pemuda. Semoga kita generasi muda menjadi penerus bangsa yang lebih baik

Selamat Hari Sumpah Pemuda. Satu bangsa, satu bahasa, satu tanah air pemuda Indonesia. Jadilah pemuda berani, tangguh, dan berprinsip. Indonesia tercipta karena seluruh pemuda bersatu, tidak tercerai berai.”

Kamu harus bangga terlahir sebagai Indonesia. Bertanah air, berbangsa, dan berbahasa Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda!

Kamu harus bangga terlahir sebagai Indonesia. Bertanah air, berbangsa, dan berbahasa Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda!

Ucapan quotes cocok buat Sumpah Pemuda

“Untuk semua pemuda-pemudi Indonesia, selamat Hari Sumpah Pemuda. Seperti sumpah yang telah diucapkan. Semoga kita semua akan menjalankan sumpah tersebut dengan baik. Bisa menjadi pendorong perubahan untuk negara.”

“Selamat Hari Sumpah Pemuda. Mari terus menjaga sejarah para pendahulu kita sebagai elemen bangsa yang selalu turun tangan dalam menjawab segala permasalahan bangsa kita. Melawan korupsi dan menciptakan sebanyak-banyaknya karya untuk kejayaan bangsa kita.”

“Refleksi Sumpah Pemuda, saatnya berkontribusi nyata mewujudkan Indonesia maju. Selamat Hari Sumpah Pemuda.”

Selamat hari Sumpah Pemuda ke-92. Semoga persatuan dan kesatuan NKRI akan selalu terjaga sepanjang waktu.

Kita bangga terlahir sebagai Indonesia. Bertanah Air, Berbangsa, dan Berbahasa Indonesia. – Selamat Hari Sumpah Pemuda.

Indonesia butuh generasi kuat dan tangguh. Indonesia butuh anak muda yang bertekad memajukan negeri. Selamat Hari Sumpah Pemuda 2021.

Bersatulah wahai pemuda, Kemajuan bangsa Indonesia ada di genggamanmu.

Bangsa yang tidak percaya pada kekuatan diri sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka. – Bung Karno.

Negeri ini butuh banyak pemuda pencari solusi, bukan pemuda pemaki-maki. – Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat.

Jangan kau ucapkan mentah-mentah, bacalah, resapi, dan rasakan setiap makna dari kalimat ikrar Sumpah Pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda 2021.

Indonesia butuh generasi kuat dan tangguh. Indonesia butuh generasi yang punya tekad memajukan negeri. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

Selamat Hari Sumpah Pemuda 2021. Kobarkan semangat kalian wahai para generasi muda untuk kemajuan Indonesia.

Kemajuan suatu bangsa terletak di genggaman para pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda, wahai generasi emas penerus bangsa.

“Selamat Hari Sumpah Pemuda. Yang muda yang berkarya.”

“Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan bicaralah seperti orator.” – HOS Tjokroaminoto

“Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan.” – Sutan Syahrir

“Tindakan jauh lebih penting daripada kata-kata.” – Sutan Syahrir

“Penjagaan terbaik bagi generasi muda adalah contoh yang baik bagi generasi tua.” – Cut Nyak Dien

Bangun pemuda pemudi Indonesia! Terus berkarya untuk memajukan bangsa ini. Selamat Hari Sumpah Pemuda 2021.

“Selamat Hari Sumpah Pemuda. Semoga para pemuda-pemudi Indonesia bisa menjadi penerus bangsa yang kompeten.”

“Jika kita tidak bisa mengubah Indonesia dengan kedudukan, maka ubahlah dengan semangatmu dan buat kepribadian kita menjadi berkarakter. Tentu menjadi bagian yang tidak perpisahkan antara perjuangan dan mempertahankan NKRI. Selamat Hari Sumpah Pemuda.”

Selamat Hari Sumpah Pemuda. Untuk para pemuda, belajarlah tanpa kenal lelah. Jadilah pemuda yang berkualitas dan selalu junjung tinggi rasa cinta terhadap tanah airmu.”

“Bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda.”

Selamat Hari Sumpah Pemuda. Mulailah dari dirimu sendiri. Mulailah dari hal yang kecil. Mulailah dari sekarang.”

“Tegas, lugas, dan berani, itulah kita pemuda. Negara ini berdiri karena seluruh pemudanya bersatu, bahkan seandainya Indonesia tidak pernah ada, pemuda kita akan tetap bersatu. Selamat Hari Sumpah Pemuda.”

Tidak banyak yang bisa kami tulis. Untuk Indonesia terutama Sumpah Pemuda, semoga semua semangat itu akan hidup dalam diri kami untuk selama-lamanya. Selamat Hari Sumpah Pemuda.”

“Selamat Hari Sumpah Pemuda. Kobarkan semangatmu para generasi muda untuk kemajuan Indonesia.”

“Perbedaan yang ada bukanlah penghalang untuk bersatu. Jadikan keberagaman sebagai alasan untuk menyatukan semuanya. Semangat menjalani nilai-nilai Sumpah Pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda.”

“Selamat Hari Sumpah Pemuda. Kita sebagai generasi perjuangan para pahlawan wajib menjaga nilai nilai perjuangan mereka.”

“Selamat Hari Sumpah Pemuda. Pada Hari Sumpah Pemuda ini, mari kita ingat kembali bahwa setiap perempuan juga bisa melakukan apa pun yang ia inginkan dan berhak menyuarakan aksi dan aspirasinya.”

“Wahai pemuda, berhenti menyalahkan, berhenti berkeluh kesah, berhenti merengek dan mengemis kepada bangsa lain. Singsingkan lengan bajumu dan cintailah bangsa ini setulus jiwa. Selamat Hari Sumpah Pemuda.”

“Tegas, lugas, dan berani itulah kita pemuda. Negara ini berdiri karena seluruh pemudanya bersatu, bahkan seandainya Indonesia tidak pernah ada, pemuda kita akan tetap bersatu.”

Contoh ucapan Sumpah Pemuda

“Kita ini pemuda yang bersumpah, yaitu Sumpah Pemuda bukan sampah dari pemuda, jadi harus betul-betul diingat.”

“Tidak banyak yang bisa kami tulis untuk Indonesia terutama Sumpah Pemuda, semoga semua semangat itu akan hidup dalam diri kami untuk selama-lamanya.”

“Bangkitlah pemuda, jangan terlena akan keadaan. Ingat, kita masih dalam masa perjuangan yang sesungguhnya, tetaplah berpedoman dengan ikrar Sumpah Pemuda yang kita miliki.”

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Selamat Hari Sumpah Pemuda.”

“Kamu harus bangga terlahir sebagai Indonesia. Bertanah air, berbangsa, dan berbahasa. Selamat Hari Sumpah Pemuda.”

“Aku hanya pemuda biasa yang bekerja untuk bangsa Indonesia dan dengan cara Indonesia.”

“Jangan kau ucapkan mentah-mentah, bacalah, resapi dan rasakan setiap makna dari kalimat ikrar Sumpah Pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda.”

“Ikrarkanlah ikrar sumpah pemuda dengan hati dan anggota badan yang akan menjadi bukti dan raihlah kemerdekaan Indonesia yang sejati.”

“Kompak bukan berarti harus sama. Ayo, jadikan perbedaan sebagai sebuah kekuatan bersama!”

“Selamat Hari Sumpah Pemuda. Mulailah dari dirimu sendiri. Mulailah dari hal yang kecil. Mulailah dari sekarang!”

“Yang muda yang berkarya, Selamat Hari Sumpah Pemuda.”

“Sumpah Pemuda bukanlah sekadar teks sejarah, tetapi itu seperti kepalan tangan yang berlumuran darah. Meski harus merasa sakit, tetap banggalah untuk mengatakan bahwa saya Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda.”

“Bersatulah wahai pemuda, kemajuan bangsa Indonesia ada di genggamanmu.”

“Jika kita mempunyai keinginan yang kuat dari hati, alam akan saling bahu-membahu untuk mewujudkannya. Selamat Hari Sumpah Pemuda.”

“Busungkan dadamu wahai pemuda, pandanglah ke depan, ikrarkan Sumpah Pemuda dengan sepenuh hati dan raihlah sebuah kemerdekaan, Kemerdekaan Indonesia yang sejati. Selamat Hari Sumpah Pemuda!”

“Tuhan hanya akan mengubah nasib sebuah bangsa jika bukan bangsa itu sendiri yang mengubahnya. Bersatulah wahai pemuda pemudi dan ubahlah negara Indonesia menjadi lebih baik. Selamat Hari Sumpah Pemuda.”

“Kemajuan suatu bangsa ada di genggaman para pemuda, Selamat Hari Sumpah Pemuda.”

Nah itulah ucapan Hari Sumpah Pemuda yang dihimpun dari berbagai sumber.

Sumber : hops.id
Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

YBM PLN UPT Pekanbaru Bersama IZI Riau Gelar Khitan Massal Untuk 50 Orang Anak di Duri

rasid

Tim Kukerta Unri Laksanakan Pengambilan Data Rumah Lontiok untuk Pemodelan Konservasi

rasid

Personel Batalyon B Brimob Polda Riau Gerak Cepat Bantu Korban Banjir

rasid