Lebih Dari Sekadar Kata
Kolase [Foto : berbagai sumber]

Survei Capres 2024, Elektabilitas Ganjar Meroket mengalahkan Prabowo dan Anies

KataKata.id – Survei Poltracking Indonesia menyebut Ganjar Pranowo menempati urutan teratas dari segi elektabilitas Calon Presiden Indonesia 2024 mendatang.

“Dalam pertanyaan terbuka, Ganjar Pranowo berada diurutan teratas dengan hasil survei elektabilitas sebesar 18, 2 persen adalah kandidat calon Presiden Indonesia yang paling terekam dalam ingatan publik dibandingkan dengan lainnya, diikuti Prabowo Subianto sebesar 17, 1 persen dan Anies Baswedan sebesar 10, 2 persen,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR dalam rilisnya kepada wartawan, Senin (25/10/2021).

Sementara, Dari simulasi 15 nama calon presiden berdasarkan hasil Survei, Hanta mengatakan, Ganjar Pranowo itu memperoleh angka elektabilitas tertinggi yakni 22,9 persen dibandingkan dengan calon lainnya,diikuti Prabowo Subianto 20, 0 persen dan Anies Baswedan 13,5 persen.

Lebih jauh Hanta merinci, sementara calon lain seperti Ridwan Kamil itu hanya memperoleh 2,4 persen, Khofifah Indar Parawansa 2,1 persen,  Sandiaga Salahuddin Uno 1,7 persen,  Puan Maharani 1, 5 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono hanya 1,3 persen. Nama – nama lain, angka elektabilitasnya dalam pertanyaan terbuka (topofmind) dibawah 1 persen.

“Hasil ini merupakan potret peta politik elektoral terbaru yang terekam pada saat pengambilan data survei. Mengingat pelaksanaan Pilpres masih cukup jauh 2024 mendatang, sangat mungkin terjadi berbagai dinamika, peristiwa dan momentum politik yang berpotensi mengubah peta politik elektoral kedepan,” jelasnya.

“Survei ini juga dapat memberikan gambaran bahwa dalam konteks Pilpres 2024, terdapat tiga panggung strategis, yakni posisi kepala daerah, menteri, dan politisi/ketua umum partai, yang mendapat sorotan publik dan dapat dikapitalisasi sebagai eskalator politik untuk Capres 2024,” pungkas Hanta.

Survei nasional elektabilitas capres 2024 versi Poltracking ini dilaksanakan dari 3 hingga 10 Oktober 2021 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1220 responden dengan margin of error (MoE) +/- 2.8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sampel survei ini menjangkau 34 provinsi seluruh Indonesia secara proporsional berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) terakhir.

Reporter : Rasid Ahmad
Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

KPPS Pemilu 2024 di Provinsi Riau Resmi Dilantik

rasid

Resmi Gabung Perindo, Wan Aniska Maju di Dapil Riau I

rasid

Pemuda Katolik: Indonesia Memberikan Keteladanan Persaudaraan di Dunia Tanpa Perang

rasid