Lebih Dari Sekadar Kata
Ketua KPU Riau Rusidi Rusdan didampingi Anggota KPU Nugroho Noto Susanto, Abdul Rahman dan Nahrawi saat ekspos pelaksanaan Tahapan Pilkada Pemilu 2024. (Foto: Rasid Ahmad)

Persiapan KPU Riau Menghadapi Pilkada November 2024 Mendatang

Katakata.id – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau akan melakukan tahapan-tahapan terkait persiapan Pemilihan Kepala Daerah di tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota di Riau.

“Untuk menghadapi Pilkada 2024 yang mana hari pemungutan suaranya sudah ditetapkan KPU RI tanggal 27 November 2024 maka kemudian tahapan-tahapan Pilkada ini akan segera kita mulai dengan pembentukan Badan Adhoc yang mulai berlangsung 17 April setelah lebaran,” kata Ketua KPU Riau, Rusidi Rusdan saat mengadakan Ekspos Pelaksanaan Tahapan Pemilu 2024 dengan awak media, Jumat (5/4/2024).

Rusidi menerangkan bahwa setelah lebaran kita akan menggesa merencanakan dan melakukan tahapan-tahapan untuk seleksi atau pun evaluasi karena ini ada 2 opsi KPU RI yang belum difinalisasi sampai sekarang. Opsi pertama seleksi ulang dan opsi kedua evaluasi.

“Jadi bagaimana teknis evaluasinya kita akan menunggu arahan dari KPU RI,” terangnya.

Terkait anggaran, Menurut Rusidi, kita sudah memastikan anggaran pemilihan Gubernur dan pemilihan Bupati Walikota se-Provinsi Riau ini sudah seluruhnya menandatangani NPHD.

“Memang ada beberapa kendala di dalam pelaksanaan teknisnya nanti akan kita lakukan pendampingan ke kabupaten kota,” ujarnya.

Ketua KPU Riau itu menegaskan bahwa pada prinsipnya anggaran itu menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah, untuk Provinsi menjadi tanggungjawab Gubernur sementara untuk Kabupaten Kota menjadi tanggungjawab Bupati Walikota.

“Kita sebagai pelaksana teknis tentu tidak bisa bergerak kalau tidak didukung oleh anggaran yang sesuai dengan kebutuhan,” tegasnya.

“Jadi yang diminta KPU itu bukan keinginan tapi kebutuhan. Kalau kebutuhannya sepuluh harus disediakan sepuluh jika tidak nanti akan berimbas kepada tahapan karena nanti juga akan berimbas kepada produk hukum dari apa yang dilakukan KPU,” ujar Rusidi.

“Jadi, ini masalahnya adalah kebutuhan,” tambahnya.

Untuk memaksimalkan persiapan ini, Rusidi menyampaikan kita akan melakukan Bimtek dan penguatan kepada seluruh jajaran KPU Kabupaten Kota sampai kepada KPPS.

“Jadi, Pemilu 2024 ini menjadi semacam evaluasi kita untuk kemudian kita praktikkan hasil evaluasi itu ke Pilkada,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Rusidi menyatakan optimis dengan anggota yang ada karena masing-masing adalah personel figur-figur yang memiliki kapasitas dan pengalaman yang sudah tidak diragukan.

Ia berharap dukungan media, dari masyarakat dan seluruh stake holder baik dari sisi pengamanan dan penegakan hukum kemudian juga dari sisi pelibatan masyarakat.

“Harapannya kepada seluruh media bagaimana pelaksanaan Pilkada ini bisa berjalan dengan baik, sukses dan lancar,” harap Rusidi. (Rasid Ahmad)

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Prabowo Subianto Sambangi Surya Paloh di Nasdem Tower, Ini Hal-hal yang Dibahas

rasid

BPOM Pekanbaru Sita Kosmetik Ilegal Rp1,7 Milliar dan 147 Juta Produk Makanan

rasid

Usai Mendaftar, Bacalon DPD Jenewar Minta Doa Restu Dari Masyarakat Riau

rasid