Lebih Dari Sekadar Kata
Ketua umum PAN, Zulkifli Hasan resmi melantik Alfedri sebagai Ketua PAN Riau. [Foto : Istimewa]

Ketua PAN Riau Alfedri Resmi Dilantik, Zulhas Minta Kader Tetap Dukung Syamsuar Edy

Katakata.id – Alfedri resmi dilantik menjadi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Riau oleh Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan di Pekanbaru, Ahad (24/10/2021).

Sebelum dilantik, surat keputusan pelantikan Alfedri sebagai Ketua DPW PAN Riau periode 2020/2025 dibacakan oleh Sekjen PAN Eddy Suparno.

“Kehadiran Ketua Umum PAN, pengurus DPP PAN, Anggota MPR/DPR dari PAN ini diharapkan memberikan semangat dan motivasi kepada kami untuk membangun Riau lebih baik dimasa yang akan datang,” kata Gubernur Riau, Syamsuar mengutip tayangan video Ceria TV, Ahad (24/10/2021).

Dihadapan Ketua Umum PAN, Syamsuar mengatakan, saat ini di Riau pandemi Covid-19 ini sudah melandai. saat ini juga sudah banyak kabupaten/kota yang kasusnya nol. khususnya kota Dumai dan kota Pekanbaru masih ada beberapa orang terkonfirmasi pak Ketum. Tetapi untuk kabupaten sekarang ini juga sudah ada yang nol dan bahkan beberapa hari ini juga alhamdulillah tidak ada yang meninggal dunia.

“Ini adalah berkat kerjasama kita semua sehingga kita dapat menangani Covid-19 yang ada di provinsi Riau ini dan untuk kondisi wilayah Riau menurut pengamatan kami sebenarnya sudah memasuki level 2,” katanya.

Syamsuar menjelaskan, kami juga dihadapkan dengan kekurangan APBD baik di Provinsi maupun kabupaten kota. untuk Riau saja dari awal kami bertugas disini APBD kita mencapai Rp10 triliun lebih, sekarang hanya sekitar Rp8 triliun. banyak anggaran kita ini digunakan untuk penanganan kesehatan termasuk juga pemulihan ekonomi dan jaminan sosial bagi masyarakat kita.

“Dari persoalan yang disebutkan, Kami mohon dukungan pak Ketum agar dapat memberikan masukan – masukan kepada pemerintah yang terkait dengan keuangan negara ini karena Riau sangat tergantung kepada DBH dan dana transfer,” jelasnya.

“Karena PAD kami baik provinsi maupun kabupaten kota belum ada yang melebihi dengan apa yang diharapkan sebagai daerah otonomi,” ujarnya.

“Dan ini tentunya kami dapat disupport dari pemerintah pusat,” tutup Syamsuar.

“Kita PAN ini partai yang waras dan rasional. apakah pilihannya? Apakah kita mau ikut narasi – narasi yang seperti saat ini masih ada cebong, kampret, radikal, radikul serta macam – macam. itu sama sekali tidak produktif dan pengap. Atmosfir politik kita jadinya pengap. kalau narasi saling menyakiti satu sama lain ini masih ada, kita tidak kemana-mana,” kata ketua umum DPP PAN, Zulkifli Hasan.

“Sikap PAN sendiri kita ingin narasi narasi yang produktif dan berkemajuan yang membuat kita menjadi negara maju dan makin kokoh persatuannya. Kita ini tidak bangsa yang radikal tetapi kita ini bangsa yang moderat dan yang tengah,” ungkapnya.

Zulkifli Hasan menjelaskan, untuk Riau, dulu Pak Gubernur dan Wakil Gubernur kita dukung. Kalau sekarang pak Gubernur jadi ketua Golkar, ya enggak ada soal buat kita. Partai – partai ini bukan buat kita bermusuhan. pilihan jadi Ketua Golkar itu hak Pak Gubernur. Silahkan.

“Tetapi mari kita kerjasama agar Riau ini maju karena kita dukung pak Gubernur dan wakil Gubernur. Kalau enggak maju, kami malu,” jelasnya.

“Oleh karena itu kepentingan – kepentingan pribadi tentu dibawah kepentingan masyarakat Riau. dirinya meminta kepada teman-teman harus didukung Gubernur dan Wakil Gubernur. saya minta undang di acara pelantikan PAN, tapi kan sekarang ketua Golkar Pak. ya nggak apa-apa,” terang pria yang akrab disapa Zulhas ini.

Kemudian Zulhas meminta jangan sampai ketua partai di Riau ini cita-citanya untuk memajukan Riau justru bermusuhan. Dalam demokrasi biasa, ada kompetisi dan ada saatnya bersama – sama.

“Oleh karena itu dirinya meminta kader – kader PAN apakah di provinsi, kabupaten dan kota agar matang dan dewasa dalam berdemokrasi,” pintanya.

“Berikan contoh yang terbaik untuk kemajuan masyarakat Riau,” tutup Zulhas.

Reporter : Rasid Ahmad
Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Paisal Walikota Dumai Resmi Dilantik Menjadi Ketua DPD Nasdem Dumai

rasid

Tanggapi Pernyataan Bupati Meranti Soal DBH, Wahid Sebut Pemerintah Mesti Berlaku Adil

rasid

Anggota DPRD Riau Dikabarkan Kunker ke Luar Negeri, FITRA Riau Buka Suara

rasid