Lebih Dari Sekadar Kata
Pengamat politik Riau, Agung Wicaksono. [Foto : Istimewa]

Hadirnya Relawan Pendukung Capres, Pengamat : keniscayaan demokrasi

Katakata.id – Fenomena relawan politik menjadi pendukung calon presiden kian marak mencuat ke publik belakangan ini. banyak relawan di berbagai daerah telah menggelar deklarasi capres sesuai pilihannya masing – masing.

Hal ini ternyata membuat Pengamat Politik Riau Agung Wicaksono buka suara. Dia menyebut ini bisa dilihat dari perspektif yang sedikit berbeda.

“Saya melihatnya dari perspektif yang sedikit berbeda,” kata Agung kepada katakata, Jumat (12/11/2021).

Menurut Agung, relawan ini menjadi pertanda bahwa ada gerakan politik di luar parpol yang juga bekerja mengkampanyekan jagoan politik mereka. Relawan ini seringnya berada di luar struktur partai politik yang kemudian menyuarakan aspirasi mereka terhadap aktor politik tertentu.

“Ini adalah sebuah keniscayaan dalam era demokrasi seperti sekarang ini,” ujarnya.

Hal ini, dikatakan Agung, relawan ini hadir sebagai bentuk alternatif gerakan yang memberikan pressure atau tekanan terhadap partai politik untuk turut mendukung calon yang mereka usung.

“Dalam sistem pemilu Indonesia, terutama pemilihan presiden , partai politik masih menjadi satu-satunya kendaraan politik untuk mendapat tiket sebagai calon presiden dan wakil presiden,” katanya.

Lanjut Agung, sehingga relawan ada di posisi untuk mengkampanyekan bahwa jagoan politiknya layak untuk maju dan diperhitungkan para partai politik untuk diusung. Ini sedikit berbeda dengan sistem pilkada yang bisa maju di jalur independen.

“Relawan dapat bertransformasi seakan – akan menjadi partai politik pengusung yang memiliki tujuan yang sama untuk memenangkan jagoannya untuk menjadi kepala daerah,” sambungnya.

Agung juga menerangkan, relawan bisa menjadi supporting system diluar partai politik dalam menyongsong proses kandidasi pemimpin politik di Indonesia. Ini menjadi pertanda bahwa kedewasaan politik masyarakat Indonesia perlahan-lahan semakin terbentuk.

“Ada elemen elemen masyarakat Indonesia yang aktif berpolitik walaupun mereka bukan bagian dari partai politik. Artinya peran aktif masyarakat untuk ikut berperan dalam kandidasi politik itu terjadi,” tutup Agung.

Reporter : Rasid Ahmad
Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Serangan Polisi Israel ke Masjid Al-Aqsa menyebabkan 152 Orang Terluka Akibat Terkena Peluru

rasid

Respons Pengamat Politik Soal Belum Dilantiknya Sabarudi Sebagai Ketua DPRD Pekanbaru

rasid

Jarnas ABW Riau Gelar Rapat Persiapan Sambut Kedatangan Anies Baswedan

rasid