Lebih Dari Sekadar Kata
Anggota Bawaslu Riau Amiruddin Sijaya saat dorstop media usai kegiatan. (Dok. istimewa)

Bawaslu Riau Minta Awak Media Kawal Masa Tenang Pemilu

Katakata.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau menggelar Media Gathering Sinergi Media Bersama Bawaslu dalam mengawal Pemilu Damai dan Berintegritas di Labersa Grand Hotel, Senin12 Februari 2024.

“Media gathering yang kita adakan sekarang dalam rangka bagaimana membangun komunikasi baik dengan teman-teman media karena kita yakin bahwa dengan bekerjasama dengan teman-teman media sehingga bisa membagi informasi dengan cepat ke masyarakat,” kata Anggota Bawaslu Riau Amiruddin Sijaya.

Terkait dengan ini, Amiruddin, juga meminta kepada teman-teman media untuk mengawal di masa-masa tenang ini ada pengawasan kami di level TPS namanya Pengawas TPS.

“Selain diawasi oleh pengawas TPS tentu perlu pengawasan dari teman-teman media,” pintanya.

Ia menjelaskan bahwa acara seperti ini sudah beberapa kali kita adakan tentu dengan cara dan pola yang berbeda-beda. Dimasa tenang ini tentu ada proses laporan baik temuan maupun aduan dari masyarakat.

“Ada sedang berproses di beberapa kabupaten ada yang di dalam tahap registrasi kemudian ada penelusuran. Ada juga yang sudah di kepolisian untuk dilanjutkan ke Kejaksaan,” jelasnya.

Amiruddin menerangkan, berdasarkan data ada 17 dugaan temuan pelanggaran ada di beberapa kabupaten yakni di Inhu, Rohil dan Meranti serta kabupaten kota lainnya.

“17 ini ada temuan aktif pengawasan dari kita sementara kalau laporan itu berasal dari partisipasi masyarakat,” terangnya.

Bawaslu Riau dimasa tenang menjelang pemungutan suara membuat warung pengawasan. “Upaya pencegahan kita dimasa tenang ini kita buat warung pengawasan, patroli money politic dan partipasi dari teman-teman media,” kata Amiruddin.

Ia berharap dimasa tenang ini tidak ada lagi kampanye. “Masa tenang ini masa tidak ada lagi kampanye apalagi money politic,” harapnya.

“Kegiatan kampanye sudah selesai dimanapun termasuk di media sosial,” tutup Amiruddin.

(Rasid Ahmad)

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Walikota Dumai Tandatangani Naskah Kerjasama Dengan BRGM

rasid

DPW Perindo Riau Minta Kapolri Tangkap Oknum yang Sebarkan Video Hoax Ketum Hary Tanoesoedibjo

rasid

Rawan pencurian produksi, Polda Riau perkuat pengamanan di perkebunan PTPN V

rasid