Lebih Dari Sekadar Kata
Anggota DPR RI Dapil Riau Arsyadjuliandi Rachman saat sosialisasi empat pilar di Rokan Hulu. [Foto : Istimewa]

Andi Rachman Kenang Masa perjuangan Buka Akses Jalan di Rokan IV Koto

Katakata.id – Anggota DPR RI Dapil Riau Arsyadjuliandi Rachman atau akrab disapa Andi Rachman Gelar Sosialisasi 4 pilar di Rokan IV Koto, Rokan Hulu, Riau. Selain menyampaikan materi sosialisasi Andi Rachman juga mengenang masa – masa memperjuangkan pembukaan akses jalan menuju ke Rokan IV Koto pada waktu dirinya mencalonkan diri sebagai Cawagubri pada 2013 silam.

Andi Rachman mengenang mengapa ia begitu ngotot akses Rokan IV Koto hingga Pasaman itu dibuka. Pertama karena pada saat ia dan pak Annas Maamun maju pada pemilihan gubernur Riau tahun 2013. Pada saat itu, ada tim sukses rekan separtainya akan kampanye untuk pasangan Anas – Andi di wilayah Rokan IV Koto.

Pada saat itu, tim sukses minta disediakan mobil penggerak roda 4×4. karena katanya medan jalan menuju ke sana sulit dilewati.

“Saya sediakan mobil seperti yang diminta. Tapi kemudian dapat kabar, mobilnya enggak bisa pulang karena terpuruk. Seingat saya tim tersebut dijemput masyarakat. Mobilnya sendiri akhirnya dijemput sama Suparman,” kata Andi Rachman melalui keterangan tertulis, Selasa (23/11/2021).

Ia pun berpikir pada saat itu, mobil 4×4 aja enggak bisa keluar. Betapa parahnya jalan di Rokan IV Koto.

Peristiwa kedua saat terjadi bencana banjir di Desa Batas yang memang bertetangga dengan Pasaman, Sumbar. Pihaknya tidak bisa mengirim bantuan. Karena tidak adanya akses darat ke sana. Bantuan akhirnya dikirim menggunakan heli.

“Saya ikut langsung mengantarkan bantuan itu. Tapi pemandangan yang berbeda saya lihat di sana. Di wilayah Pasaman, jalannya mulus mengkilap. Di tempat kita berlumpur dan sulit dillalui,” ujar Andi Rachman.

Begitu pulang dari Desa Batas, Andi Rachman langsung meminta jajarannya untuk segera menembus akses darat dari IV Koto hingga Pasaman.

Akhirnya sebelum masa jabatannya sebagai Gubernur berakhir pada 2018, akses darat itu memang terbuka. Baik jalan maupun jembatan. Bahkan juga daerah di perbatasan sudah dialiri listrik.

Reporter : Rasid Ahmad
Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Ketua DPC Demokrat Inhu Hadiri Perayaan HUT Demokrat ke-21 di Pekanbaru

rasid

Aldiko Putra Dilantik Jadi Anggota DPRD Kuansing Gantikan Erdizal Sisa Masa Jabatan 2019 – 2024

rasid

Jaringan Gusdurian Tolak Penundaan Pemilu 2024

rasid