Lebih Dari Sekadar Kata
Wagubri Edy Natar Nasution saat memberi arahan pada Apel Besar Hari Pramuka ke-60 tingkat daerah Riau tahun 2021 di Gedung Daerah Balai Serindit. ( Foto : story Instagram/Kwarda Riau )

Wagubri ajak seluruh Bupati dan Walikota pro aktif membimbing Gerakan Pramuka

KataKata.id – Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution mengajak para seluruh Bupati dan Wali Kota selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka di tingkat daerah untuk pro aktif melakukan bimbingan dan dukungan terhadap gerakan pramuka.

Diungkapkan Wagubri, hal ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka pasal 43 ayat (2), bahwa Pemerintah, Pemerintah Daerah dapat memberikan dukungan dana dari anggaran pendapatan dan belanja negara dan/atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

“Harapannya semoga seluruh Bupati dan Wali Kota sudah mengalokasikan dana pembinaan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang melalui APBD masing masing daerah di setiap tahunnya,” katanya di Gedung Daerah Balai Serindit, Sabtu (14/8/2021).

Ia menjelaskan bahwa harapan tersebut sejalan dengan tagline Hari Ulang Tahun Ke 64 Provinsi Riau, yaitu Bangkit Bersama Menuju Riau Berdaya Saing. Untuk mampu berdaya saing, menurutnya sumber daya manusia harus terampil dan Gerakan Pramuka harus mampu menjawab tantangan ini.

Oleh karena itu, pihaknya menginstruksikan kepada ketua Kwartir Daerah Provinsi Riau beserta jajaran agar mendorong Kwartir Cabang se-Daerah Riau untuk pro aktif melakukan monitoring dan pembinaan ke Gugus Depan (Gudep).

“Hal ini dilakukan supaya dapat memastikan bahwa latihan mingguan di Gugus Depan sudah benar-benar berjalan dan sudah mengacu pada pedoman yang ada,” tuturnya.

Disisi lain Ia menjelaskan bahwa banyak para pemimpin terlahir dari gerakan pramuka yang kemudian berkiprah sebagai Politisi, Birokrat, TNI, Polri, enterprenuer, pendakwah dan guru serta berbagai profesi lainnya.

“Dasar pramuka yang mereka miliki telah menjadikan mereka humanis peduli terhadap sesama sebagaimana dasa dharma kedua cinta alam dan kasih sayang sesama manusia,” ucapnya.

Ia mengungkapkan bahwa di era pandemi Covid-19 ini, Gerakan Pramuka juga turut berperan aktif serta melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 melalui satuan tugas pramuka peduli di setiap tingkatan melakukan penyemprotan disinfektan dan pemasangan tangki cuci tangan.

“Tidak hanya itu mereka juga ikut membantu memberikan bantuan sembako dan turut serta mengedukasi masyarakat,” tutupnya.

Sumber : Mediacenterriau || Editor : Rasid

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Hari Jadi ke-65 Riau, Syamsuar Sampaikan Capaian Pertumbuhan Ekonomi dan Realisasi Investasi

rasid

Menjelang Diresmikan Jokowi, Sekda Kampar dan Danrem 031/Wirabima Tinjau Tol Bangkinang-Pekanbaru

rasid

Dapat Dana Hibah dari AS, Pembangunan Dermaga ke Pulau Rupat Akan Ditambah

rasid