Lebih Dari Sekadar Kata
Ilustrasi Jalan Tol Trans Sumatera [Foto : Dok. Arsip Diskominfotik Riau]

Sumbar – Riau Tandatangani Kerja Sama Soal Optimalisasi Pembangunan Daerah

KataKata.id – Pemprov Sumatra Barat (Sumbar) dan Pemrov Riau menandatangani kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama dalam kerangka optimalisasi pembangunan daerah demi kesejahteraan masyarakat sekaligus mendukung pembangunan nasional. Penandatanganan ini berlangsung di Gedung Daerah Balai Serindit, Kota Pekanbaru, Jumat (12/11/2021) malam.

Kesepakatan bersama itu juga langsung ditindaklanjuti dengan tiga Perjanjian Kerja Sama antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Perjanjian kerja sama dilakukan antara Dinas Perkebunan Tanaman Pangan Hortikultura kedua provinsi tentang pengelolaan pertanian, tanaman pangan, dan hortikultura.

Selanjutnya, perjanjian kerja sama antara Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Holtikultura Provinsi Riau dengan Dinas Pangan Provinsi Sumbar tentang distribusi ketersedian pangan. Terakhir, perjanjian kerja sama antara Satuan Polisi Pamong Praja kedua daerah tentang penegakan perda dan perkada, penyelenggaraan ketentraman, dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat di perbatasan.

Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Gubernur Riau Syamsuar, bersyukur atas kerja sama ini dan berharap bisa ditingkatkan terus pada bidang lainnya di masa mendatang. “Terima kasih atas kerja sama ini yang merupakan wujud keseriusan kedua provinsi dalam optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan melalui pelaksanaan kerja sama daerah. Dengan dinamika saat ini dan perkembangan di masa mendatang, kerja sama merupakan keniscayaan dalam manajemen pemerintah daerah,” kata Gubernur Mahyeldi mengutip Republika, Sabtu (13/11/2021).

Mahyeldi menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemprov Riau kepada Sumbar, khususnya pada saat melonjaknya kasus Covid-19 berupa oksigen cair sehingga masyarakat yang terpapar bisa mendapat perawatan maksimal.

Gubernur Riau Syamsuar juga menyampaikan hal serupa. Secara khusus, Syamsuar berharap pembangunan pelabuhan di Air Bangis Pasaman yang berbatasan dengan Rokan Hulu, Riau, bisa segera diwujudkan. Termasuk juga Tol Sumbar-Riau sehingga bisa sama-sama dimanfaatkan oleh masyarakat kedua daerah.

“Riau sangat cinta dengan Sumbar. Semakin cepat jalan tolnya, semakin baik. Setiap liburan atau akhir pekan, kendaraan plat BM sangat banyak di Sumbar. Jika tol selesai, tentu plat BA juga bisa sampai ke Dumai,” ujar Syamsuar.

Sumber : www.republika.co.id
Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Syarat CPNS 2021, peserta wajib bawa kartu deklarasi sehat

rasid

Sapi kurban ASN Pemprov terkumpul sesuai target

admin

Pemko bersama DPRD sahkan APBD Perubahan sebesar Rp2, 649 T

rasid