Lebih Dari Sekadar Kata
Para narasumber kegiatan Peningkatan kapasitas kelembagaan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan Kelurahan se Provinsi Riau [Foto : istimewa]

LKD punya peran strategis dalam pembangunan desa

KataKata.id – Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) harus menjalankan fungsi dalam menanamkan dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan masyarakat. Selain itu, LKD juga harus dapat mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan desa dengan Pemerintah Desa.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Riau, Yurnalis S, dalam sambutannya pada kegiatan Peningkatan kapasitas kelembagaan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan Kelurahan se Provinsi Riau.

“Sebagai mitra Kepala desa, LKD mempunyai peran strategis dalam kelancaran dan keberlanjutan pembangunan,” ujarnya.

Kegiatan yang ditaja Dinas PMD Dukcapil Riau ini diikuti Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Karang Taruna, PKK, Posyandu, RT dan RW sebanyak 60 orang yg berasal dari 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau. Kegiatan ini dilaksanakan 21-23 September 2021 di Hotel Evo, Pekanbaru.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menambah ilmu pengurus LKD agar dapat menjalankan tugas secara profesional. Oleh karena itu kegiatan semacam ini harus terus dilaksanakan secara kontinyu. Dan diharapkan pemerintah kabupaten/kota dapat melaksanakan kegiatan sejenis, guna mendukung SDM Lembaga Kemasyarakatan yang mumpuni,” tambah Yurnalis.

Sebelumnya, Ketua Panitia Kegiatan Andres Ilahargon, dalam laporannya mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk dukungan pemerintah Provinsi Riau dalam upaya percepatan pembangunan di desa. Sebab dalam menuju desa mandiri, diperlukan sinergitas antara Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Pemerintah Desa.

Narasumber pada acara ini adalah Drs H Ishak MSi (Akademisi Universitas Riau), Dina Fitriana Lubis (BNN Provinsi Riau), Nasya Nugrik MIP (Kepala Kampung Dayun, Kabupaten Siak), dan Prasetyo SIP (Sekretaris DPMD Rokan Hulu).

Reporter : Rasid Ahmad

Editor : Abbas Abdurrahman

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Panti Pijat Tutup Selama Ramadan, Pemko Terbitkan Surat Edaran

rasid

Gubri Sidak Persiapan Acara Hut Riau ke-66

rasid

Kunjungan Kerja ke Inhil, Kapolda Irjen Iqbal Tekankan Pentingnya Kinerja dan Sinergi Dengan Semua Pihak

rasid