Lebih Dari Sekadar Kata
Gubernur Riau dan Ketua DPRD Riau Tandatangani Nota Kesepakatan KUA PPAS APBD 2022 di Gedung Paripurna. [Foto : MC Riau]

KUA PPAS APBD Riau Disahkan, Pemulihan Ekonomi Masih Menjadi Skala Prioritas

KataKata.id – Gubernur Riau, Syamsuar bersama Pimpinan DPRD Riau menandatangani nota kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Provinsi Riau tahun anggaran 2022.

Penandatanganan nota kesepakatan Kebijakan itu, dilakukan dalam rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Riau, Yulisman, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Riau, Senin (22/11/21).

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengungkapkan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni Riau 2022 akan diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur. Seperti jalan, jembatan drainase dan sekolah.

“Prioritas tetap insfrastruktur, jalan, drainase, sekolah,” katanya.

Selain untuk pembangunan insfrastruktur, penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi juga masih menjadi prioritas pada APBD murni 2022.

“Covid juga tetap itu masuk ke belanja tidak terduga, kita lihat nanti mudah-mudahan tidak ada lonjakan lagi,” katanya.

“APBD murni 2022 diprediksi akan mengalami penurunan. Untuk diketahui, APBD murni 2021 disahkan sebesar Rp 9,3 triliun. Sedangkan APBD murni 2022 ditaksir hanya sekitar Rp 8,2 miliar. Ada penurunan sekitar Rp 1,1 triliun,” terang Syamsuar.

Syamsuar menjelaskan, turunnya APBD murni 2022 disebabkan karena Pandemi Cobid-19 yang berdampak terhadap turunya pendapat asli daerah.

Selain itu turunnya APBD murni Riau 2022 juga disebabkan karena adanya pergeseran dana transfer dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah di Riau. Sehingga pergeseran tersebut berdampak ‎terhadap turunya APBD Riau 2022.

“Jauh penurunannya, covid dana transfer juga menurun dan sebagian kan dikirim langsung ke kabupaten kota,” katanya.

Ketua DPRD Riau Yulisman berharap, tentunya setelah dilakukan penandatangan nota kesepakatan ini, maka ia mengharapkan semua pihak terkait kiranya meluangkan waktu, pikiran dan tenaga bagi penyelesaiannya. Sehingga pembahasan APBD Riau 2022 dapat diselesaikan sesuai jadwal yang ditentukan.

“Dan yang terpenting yang menjadi perhatian kita bersama bahwa waktu yang tersedia cukup terbatas, untuk itu kami mengharapkan pembahasan APBD Riau ini dilakukan sesegera mungkin oleh Badan Anggaran (Banggar) dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD),” tutupnya.

Sumber : MC Riau

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Biduan Berjoget Diatas Meja Pada Kegiatan Golf Tournament Gubernur Riau Cup, Ini Respon Pemprov

rasid

Sapi kurban ASN Pemprov terkumpul sesuai target

admin

PPKM Level 4 menciptakan Kesenjangan Sosial baru, ini kata Pengamat Kebijakan Publik

rasid