Lebih Dari Sekadar Kata
calon Dewan Direksi LPP RRI Periode 2021-2026, Cecep Suryadi. [CNN Indonesia]

KI Pusat temukan masih banyak masalah soal keterbukaan informasi

KataKata.id – Komisi Informasi Pusat terus mendorong  badan publik di setiap instansi dan badan publik lainnya agar selalu menumbuhkan kepercayaan di mata masyarakat soal keterbukaan informasi publik. komisi informasi juga masih menemukan banyak masalah pada badan publik yang ada di Indonesia.

“Kondisi umum perkembangan KIP itu yakni pertama, 73 persen badan publik belum memiliki aplikasi yang memuat layanan keterbukaan informasi atau PPID berbasis mobile. Kedua, 67 persen badan publik belum mengumumkan lemba berita negara Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) pimpinan badan publik (Tahun terakhir) yang dapat diunduh pada laman profil singkat pimpinan badan publik,” kata Komisioner KI Pusat, Cecep Suryadi saat menjadi narasumber pada webinar Kementerian Sekretariat Negara secara virtual zoom, Selasa (14/9/2021).

“Selain itu masih ditemukan ada 38 persen badan publik belum menunjuk PPID yang mempunyai tugas dan fungsi mengelola informasi publik yang ditandai dengan SK atau penetapan PPID. 66 persen badan publik belum memiliki daftar informasi publik yang telah dimuktahirkan 2020,” paparnya.

Kemudian dikatakan Cecep, 68 persen badan publik belum memiliki penetapan klasifikasi informasi yang dikecualikan sesuai format dalam peraturan komisi informasi Nomor  1 tahun 2017 tentang pengklasifikasi  informasi publik.

Kendala yang masih dihadapi dalam keterbukaan informasi

Dalam keterbukaan informasi  dewasa ini masih banyak kendala – kendala yang ditemukan pada badan publik.

“Pertama, pola pikir sebagian pimpinan badan publik yang masih menganggap keterbukaan informasi bukanlah hal yang penting. kedua, komitmen sebagai pimpinan badan publik masih rendah terhadap kewajiban pelaksanaan keterbukaan informasi publik. Ketiga, belum optimalnya koordinasi PPID internal di badan publik,” papar Cecep.

“Keempat, terbatasnya anggaran dalam menjalankan keterbukaan informasi untuk peningkatan kapasitas PPID. saya kira itu beberapa kendala yang sering dihadapi oleh badan publik kita saat ini,” terangnya.

“Kendala – kendala tersebut mestinya menjadi perhatian serius oleh pimpinan badan publik agar keterbukaan informasi yang kita harapkan itu betul – betul membuat masyarakat dapat informasi yang utuh dan lengkap,” tutup Cecep.

Reporter : Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Pemko Pekanbaru Usulkan Pembangunan Jembatan Siak V dan Jalan Lingkar Ke Pusat

rasid

Ombudsman Temukan Tiga Dugaan Maladministrasi Terkait Proses Penunjukan Pj Kepala Daerah

rasid

Ada Raja Saspi Kurniawan, Berikut Nama-nama yang lolos Seleksi JPTP Pemprov Riau

rasid