Lebih Dari Sekadar Kata
Penampakan stan PVL On the Spot Ombudsman RI perwakilan Riau di kantor Samsat Dumai, Riau. [Foto : Istimewa]

Jemput laporan masyarakat, Ombudsman buka stan PVL di kantor Samsat Dumai

KataKata.id – Ombudsman RI perwakilan Riau bidang Penerimaan dan Verifikasi Laporan (PVL) membuka Stan on the spot konsultasi dan pengaduan bagi masyarakat Kota Dumai yang memiliki masalah pelayanan publik.

Stan on the spot itu berada di Kantor Samsat jalan Sultan Syarif Kasim, kota Dumai. Keberadaan on the spot itu dibuka selama dua hari dari Rabu (22/9/2021) hingga Kamis (23/9/2021).

Kota Dumai dipilih menjadi on the spot karena Ombudsman perwakilan Riau menganggap ada potensi kenaikan angka laporan pada masalah layanan publik.

“Angka laporan di Dumai tidak terlalu tinggi tapi kita menganggap bahwa ada potensi. di kantor Samsat itu kan banyak pengguna layanan sehingga itu menjadi target Ombudsman untuk sosialisasi dan membuka posko pengaduan. kota Dumai menjadi pilihan on the spot Ombudsman itu sebenarnya acak saja,” kata Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman Riau, Deny Rendra SIP MSi saat dihubungi KataKata, Rabu (22/9/2021).

“Di tahun ini kita ada 3 on the spot. Pertama di Indragiri Hulu, itu lokasinya di Catatan Sipil dan sudah selesai. Kedua, di Dumai lokasinya di Samsat dan Ketiga, di Duri lokasinya di kantor Catatan Sipil,” terangnya.

Terkait pengaduan yang masuk pada hari ini, dikatakan Deny, Kalau hari ini, sudah 1 orang yang menyampaikan pengaduan terkait masalah Pertanahan. kalau soal konsultasinya beragam. ada masalah Catatan Sipil, masalah Ketenagakerjaan dan masalah layanan publik lainnya.

“Tetapi kalau yang sudah kita angkat menjadi laporan, baru 1 yaitu masalah Pertanahan. Jadi, subtansinya masalah Pertanahan,” katanya.

Deny menjelaskan, Kalau untuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendapatan, kita melihat sudah bagus pelayanan publiknya. standar pelayanan publik kalau menurut undang – undang sudah terpenuhi. Kemudian masyarakat juga sudah bisa melakukan proses layanan dengan cepat.

“Sudah cukup baik sebenarnya,” jelasnya.

“Untuk diketahui, fokus kami itu tidak di Samsat, itu hanya tempat saja. Jadi, masalah yang dilaporkan itu beragam tidak hanya masalah layanan Samsat,” ungkapnya.

“Mengenai informasi untuk masyarakat, kami sebelumnya sudah menginformasikan melalui media sosial Ombudsman. bahwa kami selama dua hari ini menyelenggarakan on the spot di kota Dumai. Jadi, hanya itu media informasi yang kami sampaikan kepada masyarakat,” terang Deny.

“Kalau pemberitahuan mengenai lokasi ke Samsat, itu sudah kami lakukan 2 sampai 3 minggu yang lalu. Jauh sebelum itu, kita juga sudah berkoordinasi secara lisan dan tertulis untuk mengadakan Stan on the spot konsultasi dan pengaduan,” sambungnya.

“Untuk personel yang turun ke lokasi on the spot itu ada 3 orang Asisten Ombudsman Riau. Adapun personelnya yakni Metia Winarti Muchda SH, Tami Linasari SH MKn dan M Chairil Umam SIP MSi (HAN).

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada kepala UPT Samsat yang telah menerima Ombudsman dan memberikan fasilitas dan tempat kepada Ombudsman Riau membuka Stan Konsultasi dan Pengaduan disana,” tutupnya.

Reporter : Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Pendekatan Agama Jadi Spirit Pelayanan Publik

rasid

Gubernur Syamsuar Dukung Wacana Pemekaran Kabupaten Kota di Riau

rasid

Panti Pijat Tutup Selama Ramadan, Pemko Terbitkan Surat Edaran

rasid