Lebih Dari Sekadar Kata
Ketua KPK RI, Firli Bahuri. [ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja]

Ikhtiar memberantas korupsi, KPK Inisiasi program Desa Antikorupsi

Katakata.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat menginisiasi program Desa Antikorupsi, sebagai salah satu upaya untuk memutus mata rantai virus korupsi yang mudah menyebar jika tidak segera dihentikan.

Melalui program itu nantinya KPK akan melakukan edukasi, serta memberdayakan pemerintah dan masyarakat desa demi terwujudnya pemerintah yang bersih, akuntabel, transparan dan bebas dari praktik korupsi, kolusi dan Nepotisme (KKN). Karena Komisi antirasuah ini memandang, berawal dari desa yang berintegritas akan terwujud negara yang terbebas dari korupsi.

“Menurut data Kemendagri 2018, jumlah desa di Indonesia sekitar 74.961. Setiap desa mendapatkan rata-rata alokasi dana desa sebesar Rp. 1 Milyar dengan tren yang terus meningkat. KPK telah meluncurkan Desa Antirorupsi, ” kata ketua KPK Firli Bahuri melalui akun twitter miliknya @firlibahuri, Selasa (30/11/2021).

Ada lima indikator desa Antikorupsi. Pertama, penguatan tatalaksana. Kedua, penguatan pengawasan. Ketiga, penguatan kualitas pelayanan publik. Keempat, penguatan partisipasi masyarakat. kelima, kearifan lokal.

Sudah saatnya desa berpartisipasi aktif mencegah dan memberantas korupsi melalui program desa Antikorupsi dengan terwujudnya masyarakat antikorupsi akan berarti bagi kemajuan bangsa.

Reporter : Rasid Ahmad
Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Polri dan Kemenperin Bentuk Satgas Gabungan Awasi Produksi dan Distribusi Minyak Curah Selama 24 Jam

rasid

Gubri Minta Pj Walikota Muflihun Menggenjot Investasi dan Jaga Stabilitas Politik Keamanan

rasid

KPU Riau Sosialisasi Pembentukan Badan Adhoc Pemilu 2024 kepada Forkopimda dan Ormas di Riau

rasid