Lebih Dari Sekadar Kata
Jadwal konferensi daring Ombudsman RI ( Foto : Instagram/@ombudsmanri137)

Ombudsman sampaikan hasil Dugaan Maladministrasi TWK KPK, ini jadwalnya

KataKata.id – Ombudsman akan sampaikan hasil pemeriksaan aduan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (21/7/2021). Hal ini terkait dugaan malaadministrasi dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) alih status pegawai menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Berdasarkan informasi yang dilihat dari akun resmi Instagram @ombudsmanri137, hasil pemeriksaan aduan tersebut akan disampaikan Ombudsman melalui konferensi pers secara daring pada pukul 11.00 WIB sampai dengan pukul 12.30 WIB.

Diketahui, Pegawai KPK melaporkan dugaan malaadministrasi itu pada pertengahan Mei 2021.

Sebelumnya, Ombudsman telah meminta keterangan dari sejumlah pihak, mulai dari penyidik KPK nonaktif Novel Baswedan, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, serta pihak dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Dari Wakil Ketua KPK, Ghufron, Ombudsman mendalami perihal dasar hukum, pelaksanaan, hingga peruntukan hasil dari proses alih status melalui mekanisme TWK tersebut. di antaranya termasuk Peraturan Komisi (Perkom) Nomor 1 Tahun 2021 yang memuat Pasal mengenai TWK.

Anggota Ombudsman Robert Na Endi Jaweng sebulan yang lalu mengatakan pihaknya bekerja secara cermat dan independen dalam memproses aduan dugaan malaadministrasi itu.

“Yang pasti Ombudsman akan bekerja secara independen, mahkota Ombudsman independensi beralaskan integritas, kita akan tegakkan itu. Tidak ada keberpihakan atau pilih kasih. Kita akan bekerja sesuai fakta, data, dan informasi yang ada,” jelas Robert melalui konferensi pers daring, Kamis (10/6/2021).

 

Reporter : Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Terbitkan Instruksi, Gubri imbau warga Riau tidak ke Jawa-Bali selama PPKM Darurat

rasid

Masa PPKM Mikro di Pekanbaru diperpanjang

rasid

Maju sebagai Cakades Muda, ini persiapan Andres

rasid