Lebih Dari Sekadar Kata
Kegiatan PKM tentang partisipasi masyarakat dalam pembuatan Perda oleh Dosen IP Unri Drs Isril MH. [Foto : Rilis]

Dosen IP Unri gelar PKM tentang partisipasi masyarakat dalam pembuatan Perda

KataKata.id – Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan oleh Dosen Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unri di Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru pada tanggal 28 September 2021. Drs Isril MH selaku ketua tim pengabdian ini mengambil tema pengabdian dengan judul Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pembentukan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dihadiri oleh 26 orang yang terdiri dari Sekretaris camat dan jajarannya, Polresta Pekanbaru, Danramil 05 Sail, lurah, ketua LPM, Forum RT RW, Ketua PKK, dan pemuka masyarakat lainnya.

Acara pengabdian ini dibuka oleh Sekretaris Camat Marpoyan Damai yang menyambut baik kegiatan ini mengingat pentingnya partisipasi dalam pembuatan peraturan daerah. Pembukaan acara dilanjutkan dengan kegiatan inti yakni pemaparan materi dan proses diskusi kepada peserta pengabdian.

Hal pokok yang menjadi inti materi pengabdian ialah pada penguatan partisipasi masyarakat yang memang diberikan ruang sesuai dengan UU 12 tahun 2011. Materi pengabdian difokuskan pada 3 hal, yakni:

a. Konsep partisipasi masyarakat dalam penyusunan perda;
b. Peluang keterlibatan dan saluran partisipasi masyarakat dalam penyusunan perda;
c. Kendala partisipasi masyarakat.

Terkait dengan konsep partisipasi masyarakat, Drs Isril MH menyampaikan pokok pikiran bahwa meskipun pembuatan kebijakan merupakan ranah negara, tetapi dimungkinkan hadirnya keterlibatan masyarakat.

“Dinegara demokrasi, konsep partisipasi bertitik tolak dari paham bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat yang dilaksanakan melalui kegiatan bersama untuk menetapkan tujuan dan dan masa depan masyarakat,” kata Isril.

“Jadi, partisipasi politik menjadi pengejawantahan dari penyelenggaraan kekuasaan politik yang absah oleh rakyat,” tutupnya.

Sumber : Rilis
Editor : Rasid Ahmad
Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Warga penerima BLT di Pekanbaru harus melampirkan hasil pemeriksaan PCR

rasid

Kontrak Honorer Disetop, Sejumlah Massa di Meranti Bakar Seragam Dinas

rasid

Menko Perekonomian Airlangga Puji Penanganan Covid-19 Oleh Polda Riau Bersama TNI

rasid