Lebih Dari Sekadar Kata
KPU Riau audiensi ke kantor Dinas Pendidikan Riau [Foto : Istimewa]

Bangun data pemilih pemula, KPU Riau audiensi ke kantor Disdik

KaKata.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau melakukan audiensi ke Dinas Pendidikan Riau, Selasa (21/9/2021) di Pekanbaru.

Audiensi rombongan KPU Riau itu disambut kepala Dinas Pendidikan Riau Zul Ikram didampingi pejabat di lingkungan dinas tersebut.

“Agenda utama audiensi KPU Riau ini dalam rangka untuk memperoleh dukungan kelembagaan dari Dinas Pendidikan terkait pemutakhiran data pemilih berkelanjutan khususnya untuk pemilih pemula,” kata Anggota KPU Riau Divisi Program dan data, Abdul Rahman melalui keterangan tertulis yang diterima KataKata, Selasa (21/9/2021).

Selain itu, kunjungan tersebut berkaitan dengan rancang bangun Pendidikan Pemilih khusus pemilih pemula yang berusia 16-17 tahun.

“Upaya KPU Riau ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas partisipasi pemilih pada Pemilu dan Pemilihan 2024 mendatang. Dengan makin berkualitasnya data pemilih, di antaranya ditandai dengan akurasi data pemilih, tentu akan berdampak positif pada tingginya partisipasi pemilih,” kata Rahman.

“Menambah kualitas partisipasi pemilih tersebut, KPU menggandeng Dinas Pendidikan Riau untuk menjalin kerjasama berupa Pendidikan Pemilih atau Pendidikan demokrasi. Dengan begitu, pemilih pemula memiliki bekal yang cukup untuk mengikuti momentum awal atau perdana dalam helat pemilu dan pemilihan 2024 nanti,” kata Anggota KPU Riau Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Nugroho Noto Susanto.

“KPU Riau InsyaAllah akan menindaklanjuti beberapa poin titik temu hasil pembicaraan tersebut. Tentu saja korespondensi dengan Kepala Bidang terkait dan juga Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau masih akan intensif dilakukan,” kata pria yang akrab disapa Nugi ini.

“Kami memohon dukungan dan doa Bapak/ibu, teman pemilih dimanapun berada. Setiap usaha selalu dimulai dari langkah pertama. KPU Riau telah memulainya,” terangnya.

“Semoga dengan dukungan para pihak, niat baik kita untuk meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia, khususnya di Riau diberikan kemudahan,” tutup Nugi.

Kepala Dinas Pendidikan Riau Zul Ikram menyambut baik niat dan hajat KPU Riau ini.

“Secara cepat dan responsif langsung kita berkoordinasi dengan Kepala Bidang Data, Kepala Bidang SMA, dan Kepala Bidang Vokasi untuk menindaklanjuti usulan program KPU Riau tersebut, tutupnya.

 

Sumber : Rilis

Editor : Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Berikut lokasi dan jadwal ujian simulasi CAT CPNS Pemprov Riau

rasid

Realisasi Belanja APBN di Riau akhir September mencapai Rp21 Triliun

rasid

DPRD Riau sepakati APBD perubahan 2021 sebesar Rp 9,6 triliun

rasid