Lebih Dari Sekadar Kata
Penampakan luasan Mangrove [Foto : Twitter/@KementerianLHK]

Menteri LHK Siti Nurbaya Urai ancaman ekosistem mangrove di desa Muntai

KataKata.id – Kegiatan rehabilitasi mangrove di Kabupaten Bengkalis dilakukan pada lahan seluas 1.292 hektare (tahun 2020 seluas 319 hektare dan tahun 2021 seluas 973 hektare) dengan melibatkan masyarakat lokal, Selasa (28/9/2021).

Adapun penanaman mangrove bersama masyarakat di Pantai Wisata Raja Kecik, Kabupaten Bengkalis dilakukan pada lahan seluas kurang lebih 7 hektare dari total luasan 100 hektare.

“Permasalahan dan ancaman terhadap ekosistem mangrove antara lain yakni alih fungsi kawasan menjadi lahan pertanian, perkebunan, pemukiman, perikanan (tambak) dan infrastruktur lain. Selain itu juga illegal logging, pencemaran limbah, dan abrasi pantai akibat gelombang laut,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

“Kerusakan mangrove tercatat kurang lebih seluas 600.000 hektare dan ditargetkan untuk dilakukan upaya pemulihan dan rehabilitasi sampai dengan tahun 2024 melalui komitmen para pihak baik pemerintah maupun non-pemerintah,” ujar Siti.

Pemerintah secara konsisten, kata Siti , terus mendorong upaya-upaya rehabilitasi ekosistem mangrove dengan melibatkan semua pihak yang terkait, tarutama masyarakat di seluruh provinsi di Indonesia.

“Rehabilitasi mangrove bertujuan memulihkan kawasan hutan mangrove yang mengalami kerusakan, meningkatkan tutupan hutan mangrove serta meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” terang Siti.

“Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) merupakan upaya untuk memulihkan, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan guna meningkatkan daya dukung, produktivitas, dan peranannya dalam menjaga sistem penyangga kehidupan,” tutupnya.

Sumber : Mediacenterriau

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Status Siaga Banjir Pemprov Riau Dicabut

rasid

Pemkab Siak Mulai Menyusun Perbub Pembatasan Plastik Sekali Pakai

rasid

Pascaangin Puting Beliung Terjang Pekanbaru, BPBD Riau Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

rasid