Lebih Dari Sekadar Kata
Ilustrasi BMKG Pekanbaru. (Internet)

Masyarakat Diminta waspada, Riau sudah masuk musim Penghujan

Katakata.id – Masyarakat Riau yang tinggal di bantaran Sungai diminta untuk meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya saat ini Riau sudah mulai masuk musim penghujan.

Menurut keterangan resmi Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru Ramlan, Senin (25/10/2021) musim hujan di Provinsi Riau sebenarnya sudah mulai sejak Agustus sebagian, September dan Oktober sudah secara keseluruhan memasuki musim penghujan .

“Diperkirakan puncak musim penghujan akan terjadi di seluruh Provinsi Riau pada bulan November dan Desember, karena ada pengaruh La-nina lemah diperkirakan ada penambahan curah hujan di wilayah Riau pada umumnya antara 20 hingga 30 persen dari kondisi normal,” katanya.

Ramlan menjelaskan, jika sudah memasuki puncak musim penghujan biasanya periode harian petir pun tidak terlalu lama, kalau hujan sudah masuk sore hari apalagi malam hari hanya gemuruh tidak ada petir.

“Dalam beberapa hari kedepan intensitas curah hujan akan merata di wilayah Provinsi Riau sedangkan sporadis bisa saja dalam satu hari tidak hujan kemudian bisa hujan kembali, sporadis dalam segala waktu dan sporadis skala wilayah,” ujarnya.

Ramlan juga mengimbau kepada masyarakat di Provinsi Riau, karena akan memasuki puncak musim penghujan yang diperkirakan bulan November hingga akhir Desember hendaknya antisipasi sejak dini terjadinya kemungkinan banjir.

“Kami akan terus berkomunikasi dengan BPBD daerah, yang mengetahui daerah mana yang rawan banjir, longsor akibat dampak musim penghujan yang nantinya akan bisa diminimalisir,” kata Ramlan.

Sumber : Mediacenterriau
Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Dua Dekade Jikalahari, Made Ali Tegaskan 3 Makna Bersebati Menyelamatkan Hutan

rasid

Mahasiswa PCR yang Tenggelam di Sungai Kampar Sedang Dalam Pencarian Tim SAR

rasid

Menteri Investasi Bahlil Berambisi Menggusur Warga Pulau Rempang Demi Investasi Tiongkok

rasid