Lebih Dari Sekadar Kata
Pesawat Teknologi Modifikasi Cuaca ( Foto : Dok. Rasid Ahmad )

Kontrak pesawat TMC berakhir, Riau usulkan perpanjangan operasional

KataKata.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengusulkan perpanjangan operasional pesawat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) ke Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). pasalnya kontrak pesawat TMC sudah berakhir pada, Selasa (27/7/2021).

Pesawat TMC tersebut digunakan menyemai garam di langit Riau untuk hujan buatan. mengingat saat ini Provinsi Riau masuk musim kemarau diperkirakan sampai Agustus mendatang, sementara kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sudah terjadi di beberapa kabupaten/kota Riau.

“Pesawat TMC masih standby di Pekanbaru. Hanya saja kita sedang mengajukan perpanjangan, karena habis kontraknya dari BPPT,” kata Kepala Badan Penamggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, Kamis (29/7/2021).

“Surat permohonan perpanjangan sarana (pesawat) dan personel (ahli) TMC di Provinsi Riau sudah dikirim ke BPPT kemarin,” terangnya.

“Suratnya sudah kita kirim kemarin (Rabu), dan informasinya besok (Jumat) BPPT rapat membahas teknis soal perpanjangan TMC di Riau,” ujarnya.

Edy Afrizal berharap permohonan tersebut dapat dikabulkan BPPT, sehingga pihaknya bisa melakukan pencegahan Karhutla dengan hujan buatan.

“Kalau kapannya itu tergantung BPPT. tapi kita berharap secepatnya, sehingga kita bisa operasikan TMC untuk pencegahan Karhutla. Karena saat ini, Riau sudah masuk musim kemarau,” tutupnya.

Sumber : MCRiau

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Kementerian ESDM Hentikan Operasi PLTP Sorik Marapi Akibat Insiden Semburan Gas

rasid

Gajah Masuk Tol Pekanbaru-Dumai Pengguna Jalan Kaget, Berikut Penjelasan BBKSDA Riau

rasid

Warga diminta waspada, 2 daerah di Riau terancam potensi banjir

rasid