Lebih Dari Sekadar Kata
Ilustrasi Helikopter. (Dok. BPBD Riau)

Empat Daerah di Riau Dilanda Karhutla, Terluas Kota Pekanbaru

Katakata.id – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) telah terjadi di empat kabupaten/kota di Riau. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau hingga saat ini sudah menerima laporan terkait peristiwa Karhutla tersebut.

“Berdasarkan laporan yang diterima, Karhutla saat ini sudah terjadi di Kabupaten Bengkalis, Siak, Kota Pekanbaru, dan Dumai. Luasan Karhutla yang terjadi di empat daerah tersebut 6,78 hektar,” kata Kepala BPBD Riau, M Edy Afrizal, Senin (6/2/2023).

“Untuk di Kota Dumai luas Karhutla yang sudah terjadi sekitar 1 hektar, kota Pekanbaru 4,5 hektar, Kabupaten Bengkalis 1,18 hektar dan Kabupaten Siak 0,1 hektar,” terangnya.

Lebih lanjut Edy mengatakan, sebagai bentuk antisipasi, pihaknya juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan pihak BPBD Kabupaten/Kota. Menurut prediksi pihak BMKG stasiun Pekanbaru, musim kemarau sudah akan melanda Riau pada bulan Februari ini.

“Kami sudah melakukan rapat dengan pihak BPBD Kabupaten/Kota serta pihak terkait lainnya, karena berdasarkan prediksi BMKG, Februari sudah mulai masuk musim kemarau,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dari hasil rapat tersebut, pihaknya juga meminta kepada BPBD Kabupaten/Kota untuk bisa menetapkan status siaga darurat Karhutla lebih cepat jika sudah memenuhi unsurnya.

“Jika unsurnya sudah memenuhi, segera tetapkan status siaga darurat Karhutla. Kalau sudah ada dua daerah yang menetapkan status siaga darurat Karhutla, nanti di tingkat Provinsi Riau juga akan menetapkan status serupa,” pungkas Edy. (Mediacenterriau)

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik Belum Sejalan Dengan Putusan Pengadilan Negeri Pekanbaru

rasid

Bupati Zukri Dukung Penyelamatan Ekosistem Semenanjung Kampar dan SM Kerumutan

rasid

Dibukanya Keran Ekspor Pasir Laut, Pengamat: Akan Berdampak Pada Kedaulatan Negara

rasid