Lebih Dari Sekadar Kata
Ilustrasi BPBD ( Foto : Rasid Ahmad )

BPBD Pekanbaru tetapkan 6 titik kelurahan tangguh bencana, berikut penjelasan Kalaksa

KataKata.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Pekanbaru, tahun ini akan menambah lagi 6 Kelurahan Tangguh Bencana.

“Saat ini sudah terdapat 6 Kelurahan Tangguh Bencana yang tersebar di sejumlah kecamatan,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra kepada wartawan, Rabu (15/9/2021).

“Keenam Kelurahan Tangguh Bencana yang telah terbentuk itu di antaranya Kelurahan Tobek Godang, Palas, Srimeranti, Industri Tenayan, Tirta Siak dan Bandar Raya. seluruhnya merupakan wilayah yang rawan terjadinya banjir sesaat serta kebakaran lahan,” terang Zarman.

“Jadi tahun ini kami akan menargetkan 6 kelurahan lagi untuk bisa membantu kami di lapangan. Sehingga nanti ada 12 Kelurahan Tangguh Bencana yang bisa membantu kami mencegah dan menangani dampak kebencanaan,” katanya.

Dikatakan Zarman, Kelurahan Tangguh Bencana merupakan kelurahan yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

“Untuk itu, masyarakat kita yang terlibat di Kelurahan Tangguh Bencana, kalau bisa tanggaplah kalau memang terjadi kebencanaan, baik itu banjir maupun asap,” ungkapnya.

Sejauh ini, Zarman mengatakan, pihaknya aktif memberikan edukasi, sosialisasi maupun simulasi penanganan kebencanaan kepada masyarakat yang terlibat di Kelurahan Tangguh Bencana.

“Dengan demikian, mereka bisa melakukan penanganan secara dini ketika terjadi bencana. karena mereka telah kami bekali dengan edukasi maupun simulasi,” tutupnya.

Reporter : Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Sungai Batang Arau dan Batang Kuranji Sumbar Tercemar Mikroplastik

rasid

Jelang Tahun Politik, Walhi Riau Luncurkan Tinjauan Lingkungan Hidup

rasid

Boy Jerry Even Sembiring Direktur Walhi Riau Terpilih

rasid